NEWS RELEASE:

Kebakaran Gambut Berpotensi Menimbulkan Rp 19,064 Triliyun

Perlu Menyusun Langkah Pengelolaan Gambut Berkelanjutan
news/2015/News_201503_Kebakaran_gambut_berpotensi_menimbulkan_Rp19064_Triliyun1.jpg

K ebakaran lahan gambut yang terjadi di tiga kabupaten di Provinsi Jambi, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muara Jambi menimbulkan dampak kerugian ekonomi Rp 19,064 Triliyun dengan luas lahan gambut yang terbakar 286.527,3 ha dengan volume gambut yang terbakar lebih dari 46 juta meter kubik. Hasil ini diperoleh dari hasil studi Kajian Valuasi Dampak Kebakaran Gambut di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi kerjasama penelitian antara Fakultas Kehutanan IPB dengan WARSI beberapa waktu lalu.

Kebakaran lahan gambut yang terjadi di tiga kabupaten di Provinsi Jambi, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muara Jambi menimbulkan dampak kerugian ekonomi Rp 19,064 Triliyun dengan luas lahan gambut yang terbakar 286.527,3 ha dengan volume gambut yang terbakar lebih dari 46 juta meter kubik. Hasil ini diperoleh dari hasil studi Kajian Valuasi Dampak Kebakaran Gambut di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muaro Jambi kerjasama penelitian antara Fakultas Kehutanan IPB dengan WARSI beberapa waktu lalu.

Disebutkannya Peraturan Menteri ini sudah memuat substansi, bahasa dan aturan hukum yang jelas dan benar. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 13 Tahun 2011 tentang dampak kebakaran gambut, meliputi: pencemaran Udara berupa pelepasan dan penyerapan karbon; Kerugian Lingkungan/Ekologi yang terjadi akibat hilangnya fungsi gambut sebagai penyimpanan air, pengaturan tata air, pengendalian erosi, pembentukan tanah, pendaur ulang unsur hara, pengurai limbah, Keanekaragaman hayati dan sumber daya genetik. Dalam Permen Lingkungan Hidup ini juga disebutkan kebakaran gambut akan menimbulkan kerugian ekonomi, kerusakan tidak ternilai dan biaya pemulihan lingkungan.

“Potensi kebakaran di lahan gambut di ketiga kabupaten terkonsentrasi di areal perkebunan dan hutan tanaman dengan total luasan mencapai 71,3% dari keseluruhan potensi kebakaran di lahan gambut di ketiga...baca selanjutnya...


news/2015/News_201503_Kebakaran_gambut_berpotensi_menimbulkan_Rp19064_Triliyun2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =