NEWS RELEASE:

Orang Rimba Mendapatkan Pengobatan Masal Dan Bantuan Sembako

news/2015/News_201503_Orang_Rimba_mendapatkan_ pengobatan_masal_dan_bantuan_sembako1.jpg

Pemerintah daerah Batanghari, Korem 042 Garuda Putih dan Polda Jambi Kamis (12/3) melakukan Bakti Sosial berupa kegiatan pengobatan massa pada Orang Rimba Kelompok Tumenggung Marituha, Nyenong dan Ngamal di Sungai Kemang dalam kawasan PT Pratama Agro Sejahtera Sawit yang secara administratif berada di Desa Olak Besar Kecamatan Bathin XIV Kabupaten Batanghari Jambi. Terdapat 101 Orang Rimba dewasa dan anak-anak yang berobat pada tiga posko pengobatan yang dibentuk tim gabungan untuk mengatasi masalah kesehatan orang rimba yang tengah mengalami masa remayau (masa paceklik), akibat krisis pangan yang mereka alami setelah melangun (berpindah tempat hidup) akibat kematian beruntun anggota rombong ini yang mencapai 11 orang dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam pemeriksaan ini ditemukan satu orang anak Mesinyo Bungo (4 tahun) yang terindikasi mengalami gizi buruk. Dokter Adi Sawiran dari tim medis Bratanata Jambi yang turun dalam kegiatan ini menyebutkan kondisi anak yang mengalami gizi buruk membutuhkan penanganan lebih lanjut. “Kita menyarankan untuk kasus ini segera di bawa ke rumah sakit,”sebutnya.

Nawan yang merupakan orang tua dari Mesinyo Bungo menyatakan akan merundingkan dengan Tumenggungnya apakah anaknya itu akan di obat rumah sakit atau tetap bertahan di dalam rimba. Namun yang pasti menurutnya dia sangat ingin merawat anaknya yang sudah sejak 2 bulan ini menderita domon kuro (deman malam hari dan siang relatif turun) disertai batuk rejan, dengan perut buncit serta menonjolnya tulang-tulang iga. Selain itu juga nawan cukup khawatir karena dua orang anaknya yang lain sudah meninggal dunia secara beruntun akibat penderitaan yang sama pada Januari lalu.

Minta dialokasikan lahan penghidupan

Dalam dialog yang digelar di sela-sela acara Bakti Sosial ini, juga dilangsungkan dialog dengan Danrem 042 Garuda Putih Harianto, Kapolda Jambi Bambang Sudarisman, Bupati Batanghari Sinwan dan Staf Ahli Gubernur Jambi Asnawi AB. Pada...baca selanjutnya...


news/2015/News_201503_Orang_Rimba_mendapatkan_ pengobatan_masal_dan_bantuan_sembako2.jpg news/2015/News_201503_Orang_Rimba_mendapatkan_ pengobatan_masal_dan_bantuan_sembako3.jpg



Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =