NEWS RELEASE:

Perdana Menteri Norwegia Kunjungi Orang Rimba

news/2015/News_201504_PM_Norwegia_Kunjungi_Orang_Rimba1.jpg

Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg berkunjung ke Desa Senamat Ulu Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo. Selain ke desa PM yang di dampingi Menteri Kehutanan Siti Nurbaya juga akan mengunjungi kelompok Orang Rimba yang bermukim di konsesi HTI PT Malaka Agro Perkasa (MAP), sekitar 40 menit berkendara dari Desa Senamat.

Dalam kunjungannya ini, PM Norwegia yang juga merupakan Duta Millenium Development Goals (MDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan melihat kearifan lokal dan inisiatif masyarakat dalam mengelola hutan sekaligus melihat kondisi masyarakat asli marginal yang hidup di hutan-hutan sekunder di Provinsi Jambi yaitu orang rimba.

Dipilihnya Kabupaten Bungo sebagai lokasi kunjungan kenegaraan ini karena kelompok masyarakat yang hidup di wilayah ini telah melakukan pengelolaan sumber daya alam secara lestari dan berkelanjutan yang merupakan salah satu kekuatan dalam adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Konsep pengelolaan sumber daya alam di Senamat dan desa-desa sekitarnya menerapkan skema Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat. Dengan pola ini, masyarakat telah mengatur pengelolaan kawasan sesuai dengan fungsi dan peruntukannya. Di bagian Hulu ada Taman Nasional Kerinci Seblat, kemudian di bagian bawah daerah penyangga di kelola dengan skema Hutan Adat dan Hutan Desa, selanjutnya adalah pengelolaan kawasan agroforest karet yang secara fungsi mirip dengan hutan alam. Selanjutnya kebun-kebun masyarakat yang dikelola dengan intensif dengan tanaman campuran serta selanjutnya areal persawahan. “Konsep pengelolaan sumber daya alam yang dilakukan masyarakat batin III Ulu, secara umum sudah menerapkan pengelolaan sumber daya alam yang memberikan manfaat langsung pada masyarakat dari semua segi kehidupan, secara ekonomi pengelolaan ini memberi manfaat ekonomi berlapis yang bisa diambil masyarakat dalam satu kurun waktu tertentu. Dari segi sosial, mampu mendukung kehidupan yang berkelanjutan, serta dari segi lingkungan sangat membantu untuk ...baca selanjutnya...


news/2015/News_201504_PM_Norwegia_Kunjungi_Orang_Rimba2.jpg



Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =