NEWS RELEASE:

Orang Rimba Berlatih Pembibitan Jernang

Tumenggung Grip terlihat sangat kagum dengan mata tunas yang menyembul dari biji jernang yang baru tiga hari lalu di congkelnya. Tumenggung Orang Rimba kelompok Kedudung Muda Taman Nasional Bukit Dua Belas ini takjub dengan cepatnya pertumbuhan yang terjadi. Padahal menurut pengalaman Orang Rimba, jika ada buah jernang yang jatuh ke tanah sewaktu mereka panen, kecambah dari biji jernang baru akan muncul setelah 6 bulan.

Kemunculan kecambah semakin menambah semangat 20 peserta pelatihan yang terdiri dari kelompok Ngrip dan Kelompok Betaring, yang mengikuti pelatihan pembibitan Jernang yang dilakukan oleh WARSI belum lama ini. Adalah Erinaldi Ramli, Spesialis Pengembangan Ekonomi Hijau KKI WARSI yang memiliki ide untuk mempersingkat cara pembibitan jernang bersama Orang Rimba. Jernang merupakan salah satu tanaman bernilai ekonomi tinggi. Sejak zaman dahulu nenek moyang orang rimba sudah terlibat dalam tata niaga perdagangan jernang dengan pihak luar, meski waktu itu dengan menggunakan sistem barter.

Jerneng (Dhaemorhop draco) merupakan tumbuhan merambat yang hidup di hutan-hutan tropis pas ketinggian tak lebih dari 800 mdpl. Hutan dataran rendah Jambi yang merupakan juga rumah bagi Orang Rimba merupakan tempat yang cocok untuk tumbuh jernang. Dahulu Orang Rimba dengan mudah menemukan rumpun jernang dan memanen buahnya dalam dua kali setahun. Tumbuhan ini sebagaimana jenis rotan lainnya tumbuh merambat dengan ketinggian bisa mencapai 25 meter mengikuti pohon tegakannya. Berkurangnya pepohonan di dalam hutan akibat berbagai aktivitas baik penebangan maupun alih fungsi hutan menyebabkan keberadaan jernang juga semakin sedikit.

“Untuk tumbuh alami di hutan jernang butuh waktu lama, makanya kita menggagas untuk adanya pembibitan yang akan mempercepat proses budaya jernang, kini jernang semakin sedikit yang tersedia, populasi Orang Rimba semakin berkembang, sangat sayang jika salah satu sumber ekonomi mereka ini hilang begitu saja, sedangk...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =  



KOMENTAR :

  • 2016-10-07 - azwar
    saya ingin tahu tentang tehnik pembibitan jernang,agar saya bisa dengang cepat mempraktekanya..........

  • 2016-06-26 - max
    Saya mencari Jernang/Dragon Blood dengan kualitas yg bagus (Grade Super/minimal Grade A) dan stok di atas 50 kg. We buy (Beli) Jernang Powder from Indonesia every week (Don`t buy from kalimantan). Please contact with me by BBM, WhatsApp. Mr.Max BBM: D0B72A26 WhatsApp: +8613983452620 Phone Number: +8613983452620