NEWS RELEASE:

Perlu Perbaikan Regulasi Dan Percepatan Dalam Skema Phbm

Pemerintah kembali menambah pencapaian target pengembangan PHBM hingga enam kali lipat dari target sebelumnya, yaitu Seluas 12,7 juta hektar dalam kurun waktu lima tahun (2014-2019). Komitmen ini dapat dilihat sebagaimana tertuang dalam dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Target tersebut dialokasikan dalam bentuk Hutan Desa, Hutan Kemasyarakatan, Kemitraan, Hutan Adat dan Hutan Tanaman Rakyat. Target 12,7 Juta Hektar untuk Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat merupakan peluang dan tantangan besar bagi berbagai pihak, hal ini disampaikan oleh Wiratno Direktur Bina Perhutanan Sosial Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Ini bukan cuma kerja Kementerian LHK tapi bicara tentang pengelolaan hutan tentu saja kerja kolektif. Kita optimis ini bisa dicapai dengan dukungan semua pihak. Jangan bicara soal angka, tapi kita perlu bekerja bersama-sama dengan melibatkan pemerintah daerah dan masyarakat juga tentunya,” jelasnya dalam Workshop Refleksi Impelementasi PHBM di Sumatera Barat, Kamis (4/6).

Tentu saja angka-angka tersebut merupakan bilangan yang fantastis dengan target yang luar biasa yang sudah ditetapkan oleh negara. Perlu banyak pembenahan yang harus dilakukan guna membuat nyata target yang sudah dibuat.”Perlu beberapa pembenahan yang akan dilakukan diantaranya adalah perbaikan regulasi, percepatan dengan mekanisme menggandeng pemerintah daerah, LSM dan juga perlu sosialisasi ke masyarakat melalui pendampingan-pendampingan. Kita juga menyadari proses pemetaan sering menjadi kendala sekarang kita juga sudah menyiapkan Laboratorium GIS untuk membantu kerja planologi,” tambahnya.

Sumatera Barat sebagai salah satu provinsi yang sudah sejak lima tahun lalu melibatkan masyarakat dalam posisi yang penting dalam pengelolaan hutan. Masyarakat dengan kearifanya telah menunjukan bahwa keterkaitan masyarakat terhadap hutan telah mampu mendukung kelestarianya, perlindungan dari bencana dan sekaligus untuk pemenuhan sumber-s...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =