NEWS RELEASE:

Izin Hak Hutan Kemasyarakatan Nagari Indudur Terancam Dicabut

Mimpi masyarakat Nagari Indudur Kecamatan 1X Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok tampaknya akan pupus untuk dapat mengelola Hutan Kemasyarakat yang sudah mereka usulkan. Pasalnya, sudah hampir dua tahun dari keluarnya SK Penetapan Areal Kawasan tak jua mendapatkan izin usaha pemanfaatan (IUP) Hutan Kemasyarakatan. Belum adanya IUP Hkm ini menyebabkan masyarakat Nagari Indudur terancam kehilangan areal kawasan yang sudah ditetapkan. Hal ini disampaikan Wali Nagari Indudur Zofrawandi Rangkayo Mudo,”Kalau sampai bulan Juni besok belum juga ada IUP Hkm yang disetujui Bupati maka SK PAK yang sudah ada akan batal dengan sendirinya,” jelasnya khawatir.

Pengusulan IUP ini terganjal dengan kehadiran Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dalam undang-undang tersebut di sektor kehutanan ada beberapa kewenangan yang sebelumnya di Kabupaten dipindahkan ke Provinsi. Kewenangan di tingkat Kabupaten/Kota hanya untuk perizinan Tahura dan hutan kota, selebihnya dipindahkan kewenangan di tingkat Provinsi. Kehadiran Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 ini bukanlah menjadi sebuah kendala, Manager Advokasi dan Kebijakan KKI WARSI Rainal Daus menyebutkan seharusnya undang-undang bisa berlaku kalau sudah ada Peraturan Pemerintah yang mengaturnya. “Sampai saat ini PP tentang Pemerintah daerah belum ada. Kementerian Dalam Negeri sudah mengeluarkan surat edaran Nomor 120/253/sj tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan setelah ditetapkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 yang memuat untuk saat ini menyelesaikan secara seksama inventarisasi akibat pengalihan urusan pemerintahan konkuren paling lambat di tahun 2016. Dan sementara proses ini masih berjalan maka Gubernur, Bupati/ Walikota segera berkoordinasi terkait dengan pengalihan urusan pemerintahan,”paparnya.

Dalam aturan tentang Hutan Kemasyarakatan (HKm) dilakukan berdasarkan peraturan Menteri Kehutanan nomor P.37/2007 jo P.13/2010 yang sudah direvisi menjadi P.88/2014, yang mengatur Ijin Usaha...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =