NEWS RELEASE:

Pelatihan Global Positioning System (gps) Dan Dasar-dasar Pemetaan

Data Dan Informasi Akurat Untuk Mengatasi Degradasi Hutan

Degradasi fungsi hutan telah menyebabkan banyak persoalan lingkungan yang menyinggahi kehidupan masyarakat. Banjir, kekeringan, sedimentasi merupakan buntut akibat pengelolaan sumber daya alam yang tidak mengacu pada kaidah pengelolaan yang lestari dan berkelanjutan. Tak hanya itu dari dunia internasional beragam tudingan juga disampaikan kepada Indonesia sebagai negara perusak hutan tercepat di dunia setelah Brazil. Ini mengakibatkan Indonesia dimasukkan ke Guinness book of record. Walau tak sepenuhnya menerima tudingan ini, karena data yang digunakan untuk hal itu menurut pemerintah hanya mengacu pada angka kerusakan hutan yang terjadi pada tahun 1997-2000, namun tudingan ini bisa menjadi pelajaran bagi bangsa ini untuk lebih bersikap bijak dalam pengelolaan sumber daya hutan.

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan hutan adalah karena kurangnya data dan informasi yang memadai tentang kawasan hutan. Pada dasarnya pemerintah semua wilayah telah dibagi peruntukannya yang ditetapkan dalam peta tata guna lahan. Hanya saja dalam praktek dilapangan dimana persisnya lokasi yang ditetapkan kerap tidak mudah untuk ditemukan. Penyebabnya titik-titik koordinat kawasan itu, terutama batas-batas wilayahnya sering belum tersedia. Salah satunya disebabkan karena kekurangan kemampuan dalam menentukan titik-titik batas kawasan tersebut.

Namun kini seiring dengan perkembangan teknologi untuk penentuan titik koordinat dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan GPS (Global Positioning System) atau Sistem Penentu Lokasi, persoalan ini agaknya akan bisa diatasi. Dengan alat yang berbasiskan satelit ini, dapat diketahui titik koordinat batas kawasan, dan kemudian di- overlay-kan dengan peta dasar akan diketahui keberadaan tepat lokasi tersebut secara pasti. ?Titik koordinat merupakan kunci untuk penentu dilapangan, kalau terjadi permasalahan atau sengketa antar pihak misalnya untuk untuk menentukan kawasan hutan, maka titik koordinat inilah ya...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =