NEWS RELEASE:

Kebakaran Gambut Semakin Menggila

Perlu Managemen Kanal Dan Penegakan Hukum Atasi Kebakaran
news/2015/News_201508_Kebakaran_gambut_semakin_menggila.jpg

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di berbagai daerah di Provinsi Jambi semakin mengkhawatirkan. Pantauan WARSI kebakaran hebat terjadi di lahan gambut yang ada di Tanjung Jabung Barat dan Timur. Kebakaran hebat terjadi di antaranya di perkebunan sawit PT Kaswari Unggul Kecamatan Dendang Tanjung Jabung Timur. Menurut penuturan masyarakat setempat kebakaran yang terjadi sudah meliputi blok perkebunan 5 blok, yang diperkirakan mencapai luas lebih dari 200 ha. Sebelumnya kebakaran terpantau di perkebunan sawit milik PT ATGA dan sejumlah tempat lainnya di lahan gambut yang menghasilkan kabut asap yang cukup pekat dan mengganggu aktivitas masyarakat. Tak hanya di perkebunan sawit pantauan titik api dari Citra Satelit Terra and Agua NASA 48 jam terakhir juga terjadi kebakaran lahan gambut yang dikelola Perusahaan Hutan Tanaman diantaranya PT Dyera Hutani Lestari dan PT Wira Karya Sakti.

“kebakaran gambut menjadi persoalan berulang yang terjadi di Jambi, setiap kemarau sudah bisa di pastikan kebakaran gambut akan terjadi dan kini kita melihat kondisinya malah sulit untuk dikendalikan. Hal ini terlihat dari rambatan api yang terus menjalar di lahan gambut,”kata Kurniawan Asisten Koordinator Komunitas Konservasi Indonesia WARSI.

Dikatakannya kondisi kebakaran 2015 ini cukup mengkhawatirkan, kemarau panjang dan elnino yang terjadi akan semakin memperparah kondisi kebakaran lahan dan hutan yang ada di Jambi. “untuk kondisi ini, harus segera dilakukan penanggulangan kebakaran, pelibatan para pihak terutama tanggung jawab perusahaan terhadap areal kelolanya dari jilatan api harusnya bisa ditagih pemerintah selaku pemberi izin perusahaan,”kata Kurniawan.

Disebutkan Kur, sapaan akrab Kurniawan kebakaran gambut yang terjadi di provinsi Jambi tidak lepas dari kanalisasi dan sistem drainase yang dibangun perkebunan dan hutan tanaman industri yang berada di lahan gambut. Kanalisasi yang dibangun di lahan gambut telah menyebabkan keringnya muka ai...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =