NEWS RELEASE:

Ketika Orang Rimba Terpapar Asap

Warsi Siapkan Rumah Evakuasi
news/2015/News_201510_Ketika_Orang_Rimba_terpapar_asap.jpg

Bencana kabut asap telah menyesakkan masyarakat Sumatera dan Kalimantan. Tidak ketinggalan Orang Rimba yang mendiami hutan-hutan sekunder di Provinsi Jambi. Pola hidup mereka yang tinggal di pondok-pondok sederhana di alam terbuka menyebabkan Orang Rimba kesulitan untuk melindungi diri dari serangan kabut asap. Akibatnya sebagian besar Orang Rimba terserang ISPA dan penyakit pernafasan lain serta penyakit pencernaan.

Kondisi ini semakin diperburuk dengan musim kering yang juga sudah berlangsung lama, sehingga ketersediaan hewan buruan juga semakin menyusut. Melihat persoalan ini, perlu adanya langkah antisipasi terutama membantu Orang Rimba untuk bertahan dan melewati musim asap tahun ini.

“Sekarang serba sulit, anak-anak sudah banyak yang sakit, kabut asap sudah mengganggu kami. Akhirnya kami suruh anak-anak keluar (rimba), cari tempat aman dulu,” kata Mangku Besemen, salah satu tetua Orang Rimba di Kedudung Muda Taman Nasional Bukit Duabelas.

Beruntung kata Mangku di luar rimba sudah ada rumah singgah yang disiapkan Warsi untuk di tempat evakuasi Orang Rimba yang tengah menghadapi musibah kabut asap. Menurut Mangku Orang Rimba memilih keluar rimba sementara, mengingat kabut asap tahun ini paling parah setelah peristiwa kabut asap yang terjadi pada tahun 1997 dan telah menyebabkan sebagian besar Orang Rimba terserang batuk-batuk dan penyakit lainnya.

“Kami juga mencari pertolongan pengobatan keluar, kebetulan WARSI membuat posko, jadi kami bisa langsung berobat di sini,”kata Mangku.

WARSI sejak beberapa waktu ini menyediakan rumah evakuasi bagi Orang Rimba khususnya di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam Sarolangun. Rumah dua lantai yang merupakan kantor lapangan awalnya merupakan tempat transit staf WARSI sebelum ke rimba dan juga merupakan rumah singgah bagi Orang Rimba. Sejak asap menggila di kawasan ini, diubah fungi menjadi tempat evakuasi Orang Rimba dari kelompok Kedundung Muda dan sekitarnya. Di rua...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =