NEWS RELEASE:

Phbm Mampu Mencegah Karhutla

Refleksi Dan Evaluasi Pengelolaan Sumber Daya Hutan Sumbar 2015
news/2015/News_201512_PHBM_mampu_mencegah_Karhutla1.jpg

Alam ranah Minang membentang indah di punggungan Bukit Barisan hingga ke pantai Barat Sumatera. Keelokan panorama alam yang tercipta membutuhkan pengelolaan alam yang arif dan bijaksana, supaya tidak berujung bencana. Inilah yang di gambarkan dari pepatah di atas. Selama periode 2015, Sumatera Barat relatif lebih aman dibandingkan daerah sekitarnya. Salah satunya jika dilihat dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi sepanjang tahun 2015 Sumatera Barat relatif aman.

“Relatif amannya Sumbar dari kebakaran karena disebabkan karena pengelolaannya dilakukan berdasarkan nilai-nilai adat dan adanya pelibatan masyarakat dalam mengelola hutan”sebut Diki Kurniawan Direktur Komunitas Konservasi Indonesia WARSI. Disebutkannya, masyarakat dalam melakukan pengelolaan sumber daya alam terlihat dari tingginya minat masyarakat dalam pengajuan hak pengelolaan hutan dengan skema Hutan Nagari dan Hutan Kemasyarakatan. Apalagi sejak Menteri Kehutanan mengeluarkan surat penetapan Hutan Nagari Simancuang dan Simanau tahun 2011 silam semangat nagari-nagari lainnya terus bertambah. Apalagi pemerintah juga mendukung dengan menerapkan target pengelolaan hutan berbasis masyarakat sebanyak 500.000 ha. Untuk mendukung ini dihadirkan sejumlah kebijakan di antaranya: adanya road map target pencapaian rekognisi areal PHBM , komitmen Pemerintah Daerah dalam pengembangan PHBM dan telah masuk ke dalam RPJM Daerah Propinsi, Sumatera Barat memiliki Pusat Layanan, Data dan Informasi tentang PHBM dalam bentuk POKJA Perhutanan Sosial. “Juga ada Komitmen dukungan lintas sektoral dengan adanya kesepakatan antar dinas untuk pengembangan masyarakat yang memiliki Hutan Nagari atau HKm,diantaranya kesepakatan Dinas Kehutanan, Dinas Pertanian, Dinas Perkebuanan, Dinas Perikanan Kelautan, Dinas Peternakan dan Bakorluh,”sebut Diki.

Dengan langkah-langkah ini menurutnya, PHBM merupakan basis utama dalam pembangunan kehutanan di Sumatera barat. Kebijakan ini juga di dukung dengan adanya Perd...baca selanjutnya...


news/2015/News_201512_PHBM_mampu_mencegah_Karhutla2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =