NEWS RELEASE:

Jambi Kehilangan Hutan 8 Kali Lapangan Bola Per Jam

news/2016/News_201606_Jambi_Kehilangan_Hutan_8_Kali_Lapangan_Bola_Per_Jam1.jpg

Kehilangan tutupan hutan masih terjadi di Provinsi Jambi. Berdasarkan interpretasi Lansat 8 yang dilakukan Komunitas Konservasi Indonesia WARSI, dalam rentang tahun 2012 ke 2016 Jambi kehilangan tutupan hutan sebesar 189.125 ha. Dari interpretasi yang dilakukan pada tahun 2012 total hutan Jambi masih 1.159.559 ha, pada tahun 2016 sudah turun menjadi 970.434 ha.

Dalam UU nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang secara jelas disebutkan bahwa dalam rangka pelestarian lingkungan kawasan hutan yang mesti dipertahankan minimal 30 persen dari luas daerah aliran Sungai. Seperti kita ketahui Jambi masuk ke dalam empat DAS yaitu DAS Batanghari, DAS Betara, DAS Hitam Hulu tandas Mendahara. Dengan kondisi hutan yang hanya kurang dari 1 juta ha, maka Jambi sudah kondisi kritis. Ini terlihat dari tutupan hutannya yang sudah kurang dari 20 persen.

“Hilangnya tutupan hutan Jambi hampir 8 kali lapangan bola per jam, ini angka yang cukup besar di tengah upaya untuk mempertahankan hutan tersisa sebagai penyeimbang ekosistem,” sebut kata Rudi Syaf Manager Komunikasi Komunitas Konservasi Indonesia WARSI.

Dikatakannya kehilangan hutan ini disebabkan berbagai aktivitas manusia, konversi hutan alam menjadi izin perusahaan hutan tanaman industri dan pembukaan tambang baik legal maupun ilegal. “Bahkan kini penghilangan hutan sudah masuk ke dalam kawasan lindung,”katanya.

Dalam interpretasi yang dilakukan, kehilangan hutan yang paling banyak terpantau berada di selatan Taman Nasional Bukit Tigapuluh. Di kawasan ini terpantau aktivitas land clearing sejumlah perusahaan HTI di antaranya Lestari Asri Jaya, Wana Mukti Wisesa. Di kabupaten Bungo terdapat perusahaan Mugitriman Internasional, Malaka Agro Perkasa. Merangin juga terdapat yang sedang beroperasi yaitu Hijau Arta Nusa dan Jebus Maju. Tidak hanya itu dari pantauan di lapangan, hilangnya hutan dari kontribusi pembukaan lahan secara ilegal yang dilakukan oleh pihak-pihak lain. Pantauan yang dilak...baca selanjutnya...


news/2016/News_201606_Jambi_Kehilangan_Hutan_8_Kali_Lapangan_Bola_Per_Jam2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =