NEWS RELEASE:

Bentrok Orang Rimba dan Karyawan PT. BKS

news/2016/News_201606_Bentrok_Orang_Rimba_dan_Karyawan_PT_BKS1.jpg

Kronologis kejadian

Orang Rimba lagi-lagi menjadi korban kekerasan konflik perebutan sumber daya. Tepat di hari peringatan lahirnya Pancasila 1 juni 2016, sekelompok Orang Rimba yang membuat sudung (rumah beratap terpal tanda dinding berlantai kayu-kayu kecil yang di susun rapat) di Divisi IV areal perkebunan PT Bahana Karya Semestra (BKS) mendapat teguran dari aparat satuan pengamanan (satpam) perusahaan. Orang rimba yang bermukim di lokasi itu diminta untuk meninggalkan lokasi . Dengan alasan akan ada demo karyawan perusahaan. Saat itu Orang Rimba terdiri dari kelompok Melimum sebanyak lima bubung (keluarga) dan lima keluarga dari kelompok Menyurau.

Sebelumnya kelompok Orang Rimba sudah sangat terbiasa tinggal di bawah pohon-pohon sawit yang memang sejak kawasan itu masih hutan dan kemudian berubah menjadi perkebunan sawit sudah menjadi tempat hidup mereka. Mencari brondolan sawit yang jatuh dan kemudian di jual ke perusahaan atau berburu babi menjadi sumber pendapatan Orang Rimba yang bermukim di perkebunan sawit.

Persoalan muncul kala aparat keamananan perusahaan menyuruh Orang Rimba pergi, Orang Rimba pun patuh. Pada Kamis pagi 2 Juni 2016 mereka bersiap untuk pergi, mengemas barang-barang mereka ke dalam ambung dan bersiap untuk pergi. Sebagian sudah menaikkan sebagian barang ke dalam angkutan yang mereka miliki, berupa sepeda motor dan sebuah mobil carry pick up.

Ketika mengemas barang ini kembali satpam datang, Nenun salah satu Orang Rimba di kelompok itu kembali bertanya, apa alasan perusahaan menyuruh mereka pergi. Pertanyaan ini sangat wajar diajukan ulang oleh Nenun, karena sebelum di beli oleh Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART) dan berganti nama menjadi Bahana Karya Semesta (BKS), ketika masih bernama PT Era Mitra Agro Lestari (EMAL) di bawah naungan Bakri Plantation ini, Orang Rimba sudah biasa bermukim di bawah kebun sawit itu.

Rupanya pertanyaan Nenun ini membuat amarah satpam...baca selanjutnya...


news/2016/News_201606_Bentrok_Orang_Rimba_dan_Karyawan_PT_BKS2.jpg news/2016/News_201606_Bentrok_Orang_Rimba_dan_Karyawan_PT_BKS3.jpg



Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =