NEWS RELEASE:

Mentri LHK Kunjungi Hutan Nagari dan Hkm Sumbar

news/2016/New_201607_Mentri_LHK_Kunjungi_Hutan_Nagari_dan_Hkm_Sumbar1.jpg

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Barat. Dalam kunjungannya Siti Nurbaya langsung bertemu dengan pengelola Perhutanan Sosial yang ada di Sumbar. Pada pertemuan dilakukan di Desa Sungai Buluh Kecamatan Batang Anai Padang Pariaman dan di Nagari Indudur Kecamatan 1X Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok. Kedua Nagari mewakili nagari-nagari di Sumbar yang sudah mendapatkan Penetapan Areal kerja Hutan Nagari di Sungai Buluah dan Hutan Kemasyarakatan di Indudur.

Dalam pertemuan dengan pengelola perhutanan sosial Menteri Siti memberikan sejumlah harapan baru untuk pengembangan perhutanan sosial yang sudah berlangsung, maupun yang sedang berproses di Sumatera Barat. Dalam pertemuan dengan masyarakat Siti Nurbaya mengapresiasi Sumbar yang Pioneer dalam pengembangan perhutanan sosial. Bahkan hingga kini Sumbar masih terus berupaya untuk memperluas capaian target perhutanan sosial seluas 500.000 pada 2017 nanti. Tak hanya itu, ada 40 ribu ha kawasan yang sudah mendapat izin kelola juga perlu mendapat perhatian baik untuk percepatan HPHN ataupun pengembangan ekonomi di kawasan itu, sehingga manfaat mengelola hutan juga dirasakan langsung oleh masyarakat.

Terkait dengan ini Menteri Siti menyebutkan bahwa saat ini kementrian sosial sedang mengodok aturan untuk penyesuaian aturan dengan kemampuan masyarakat, menghindari birokrasi dan administrasi yang rumit.

“Juga untuk kawasan yang sudah dapat izin PAK, namun belum juga selai HPHN-nya, akan diperpanjang waktunya, sehingga bapak-bapak tidak perlu lagi khawatir izin PAKnya tidak berlaku lagi,”sebut Siti.

Tidak hanya itu, Siti juga menyebutkan kementrian akan menyediakan alokasi kegiatan untuk pengembangan ekonomi masyarakat termasuk pendanaan dalam pengelolaan perhutanan sosial. Menteri juga akan mendorong pembentukan koperasi pengelola hutan nagari, hutan kemasyarakatan di setiap nagari yang memiliki perhutanan sosial.

“Perlu ju...baca selanjutnya...


news/2016/New_201607_Mentri_LHK_Kunjungi_Hutan_Nagari_dan_Hkm_Sumbar2.jpg news/2016/New_201607_Mentri_LHK_Kunjungi_Hutan_Nagari_dan_Hkm_Sumbar3.jpg news/2016/New_201607_Mentri_LHK_Kunjungi_Hutan_Nagari_dan_Hkm_Sumbar4.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =