NEWS RELEASE:

Menteri Siti Nurbaya Kunjungi Hutan Desa Hajran

news/2016/News_201608_Menteri_Siti_Nurbaya_Kunjungi_Hutan_Desa_Hajran1.jpg

Menteri LHK yang rutin mengunjungi kawasan hutan yang dikelola oleh masyarakat untuk melihat langsung pengelolaan hutan yang dilakukan masyarakat dapat mencegah kerusakan hutan sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar kawasan hutan.
Desa Hajran sejak beberapa tahun ini sudah mengelola hutan di desa mereka dengan sistem pengelolaan hutan berbasis masyarakat dengan skema Hutan desa seluas 90 ha dan hutan tanaman rakyat seluas1.272 ha. Hutan Desa Hajran sudah mendapatkan legalitas dari Menteri Kehutanan berdasarkan SK nomor 435/Menhut-II/2011 . Sedangkan hutan tanaman rakyat mendapat Izin Pemanfaatan Hasil Hutan Tanaman Rakyat (IUPHHK Hutan Rakyat) dari Gubernur Jambi.

Kehadiran Men LHK di lokasi PHBM diharapkan membawa sejumlah perbaikan dukungan pemerintah pada pengelolaan hutan berbasis masyarakat sekaligus mendukung peningkatan pendapatan masyarakat di sekitar hutan. “Kita berharap ada perbaikan dukungan pemerintah untuk pengelolaan hutan berbasis masyarakat,”kata Rudi Syaf Manager Komunikasi Komunitas Konservasi Indonesia WARSI.

Hal ini penting menurut Rudi, karena hingga kini belum terlihat pemerintah maksimal dalam mendukung hak-hak pengelolaan hutan yang diberikan kepada masyarakat. “Sebagai contoh untuk program rehabilitasi hutan pada hutan desa tidak bisa mendapat dukungan pemerintah, dengan alasan bahwa hutan desa masuk kategori kawasan hutan yang sudah di bebani hak sehingga program rehabilitasi tidak bisa dilakukan dislokasi hutan desa. Padahal aturannya sangat mungkin yang dimaksudkan dibebani hak adalah untuk hak konsesi yang diberikan kepada swasta, bukan izin yang diberikan kepada masyarakat,”sebut Rudi.

Untuk itu lanjut Rudi, juga penting pemerintah meninjau kembali aturan-aturan yang menghambat untuk pengembangan perhutanan sosial. “Harus ada pemilahan aturan yang berpihak kepada masyarakat sehingga hutan benar-benar bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan,”seb...baca selanjutnya...


news/2016/News_201608_Menteri_Siti_Nurbaya_Kunjungi_Hutan_Desa_Hajran2.jpg news/2016/News_201608_Menteri_Siti_Nurbaya_Kunjungi_Hutan_Desa_Hajran3.jpg news/2016/News_201608_Menteri_Siti_Nurbaya_Kunjungi_Hutan_Desa_Hajran4.jpg



Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =