NEWS RELEASE:

Hutan Nagari Menurunkan Emisi

Dari dokumen Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor 80 Tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Gas Rumah Kaca (RAD GRK) total emisi karbon 34.813.854,68 CO2-eg (ton), 86 persen di antaranya bersumber dari pemanfaatan lahan yaitu sebesar 29.967.603,68 CO2-eg (ton). “Karena emisi dari tata guna lahan yang tinggi, maka perlu adanya intervensi dalam menurunkan emisi dari tata guna lahan. Dari pengalaman dan perhitungan yang kami lakukan di Sumatera Barat pengelolaan hutan yang dilakukan masyarakat menghasilkan emisi yang paling rendah, yaitu hanya 0.08 ton CO2-eg,”kata Rainal Daus Manager Program Komunitas Konservasi Indonesia WARSI di Padang.

Sedangkan sumber emisi yang terbesar berasal dari zona penggunaan lahan yang gunakan oleh Hutan Tanaman Industri (HTI), di susul HPH, dan perkebunan. Hanya saja lanjut Rainal, secara perizinan untuk PHBM masih sangat kecil, yaitu baru sekitar 37 ribu ha, sehingga dampaknya untuk menurunkan emisi Sumatera Barat juga masih sedikit pengaruhnya.

“Untuk itu ada peluang kita untuk menurunkan emisi secara lebih nyata, karena Sumatera Barat sudah memiliki target pengelolaan hutan berbasis masyarakat atau yang dikenal juga dengan sebutan perhutanan sosial sebanyak 500 ribu ha, dan ini di dukung oleh kebijakan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang sudah menetapkan perhutanan sosial di Sumbar seluas 733.319, ha, sebagaimana tercantum dalam Peta Indikatif Arahan Perhutanan Sosial,”sebut Rainal.

Disebutkan Rainal sejak beberapa tahun belakangan, Sumatera Barat, memang sudah menunjukkan itikad untuk memperluas perhutanan sosial, hanya saja sejauh ini terdapat sejumlah kendala untuk menyertai dalam tahan implementasinya, di antaranya karena perizinan perhutanan sosial harus melalui kementrian. Hal ini berdampak pada lamanya proses perizinan. “Nampaknya KLHK menyadari ini, sehingga bulan lalu, Menteri LHK mengeluarkan peraturan nomor 83 tahun 2016 yang memberikan kesempatan kepada menteri LHK untuk mendel...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =