NEWS RELEASE:

Mengintegrasikan Kegiatan PHBM dalam RPJMDes

news/2017/News_201711_Mengintegrasikan_Kegiatan_PHBM_dalam_RPJMDes1.jpg

Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) yang belakangan juga dikenal dengan istilah Perhutanan Sosial (PS), merupakan skema pengelolaan hutan yang dilakukan dari masyarakat, untuk masyarakat, dan oleh masyarakat. Dengan menjadikan masyarakat sebagai pelaku utama, kegiatan PHBM ini diyakini bisa menjadi instrumen resolusi konflik, peningkatan kesejahteraan, dan pelestarian hutan.

Namun demikian, pemahaman masyarakat atau stakeholder terkait Perhutanan Sosial ini masih belum seragam. Untuk itu, Komunitas Konservasi Indonesia WARSI menggelar workshop nasional dengan tema Integrasi Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Melalui Alokasi Dana Desa, di aula Hotel Rumah Kito, Kota Jambi, kemarin (14/11).

Workshop nasional ini menghadirkan Tenaga Ahli Dirjen Kemendesa PDTT/Pokja Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Penerima TORA Muhammad Nur Udin dan Wakil Direktur Komunitas Konservasi Indonesia WARSI Adi Junedi sebagai narasumber.

“Kami melihat melalui acara ini mudah-mudahan kita bisa mensinergikan kekuatan dan pemahaman, apa itu Perhutanan Sosial, dan bagaimana mengembangkannya untuk kesejahteraan masyarakat desa,” ungkap Direktur Eksekutif KKI WARSI Rudi Syaf, saat memandu diskusi dalam acara tersebut.

Sementara Wakil Direktur KKI WARSI Adi Junedi dalam paparannya mengatakan, Perhutanan Sosial adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat yang dilaksanakan oleh masyarakat hukum adat sebagai pelaku utama. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan, keseimbangan lingkungan, dan dinamika sosial budaya.

“Perhutanan sosial ini bisa menjadi jembatan untuk mewujudkan kemandirian desa di sekitar hutan,” ungkap Adi Junedi.

Untuk diketahui, saat ini ada tiga provinsi di Pulau Sumatera yang sedang gencar menerapkan skema PHBM, yaitu Provinsi Sumatera Barat, Jambi, dan Bengkulu. Hingga tahun...baca selanjutnya...


news/2017/News_201711_Mengintegrasikan_Kegiatan_PHBM_dalam_RPJMDes2.jpg news/2017/News_201711_Mengintegrasikan_Kegiatan_PHBM_dalam_RPJMDes3.jpg news/2017/News_201711_Mengintegrasikan_Kegiatan_PHBM_dalam_RPJMDes4.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =