NEWS RELEASE:

Bupati Tanjabar Setuju Rasionalisasi Tnbt

Perda Khusus Akan Dipersiapkan


Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) Jambi, DR. Ir. Safrial, MS setuju dengan rencana rasionalisasi Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) yang ditawarkan Konsorsium Bukit Tigapuluh KKI Warsi. Seperti yang diberitakan harian lokal Jambi Independent (12/02/07), bahwa saat ini Pemkab Tanjabar akan menyiapkan perda khusus masalah rasionalisasi.

Menurut Safrial, rasionalisasi perlu segera diwujudkan. Karena, akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat di sekitar hutan serta sebagai perlindungan paru-paru dunia. Artinya, antara keberadaan Taman Nasional Bukit Tigapuluh dengan masyarakat memang saling menguntungkan. Sehingga bisa membantu perekonomian. Lebih jauh Safrial menjelaskan bahwa, Taman Nasional telah memberikan manfaat yang besar terutama bagi keberadaan berbagai jenis tanaman dan hewan langka. Karena itu perlu dijaga dan dilestarikan.

Koordinator Konsorsium Bukit Tigapuluh KKI Warsi, Diki Kurniawan, menyambut baik perda khusus yang akan disiapkan oleh Pemkab Tanjabar tersebut. Diki berharap, dengan rasionalisasi nantinya TNBT akan mudah dalam pengelolaannya. Tentunya, sesuai dengan aturan yang ada. Diki juga menjelaskan bahwa masyarakat boleh memanfaatkan keberadaan Taman, yaitu pada pemanfaatan. Disamping fungsi lainnya sebagai fungsi perlindungan dan pemanfaatan. Pernyataan ini tentu saja sebagai angin segar sekaligus menepis anggapan yang beredar di masyarakat bahwa, Taman Nasional tidak boleh dijamah dan haram hukumnya bila dikelola.

Data Dinas Kehutanan Tanjabar menunjukkan, ada dua kecamatan yang termasuk wilayah TNBT yaitu Kecamatan Merlung (Desa Lubuk Kambing dan Sungai Rokan) dan Kecamatan Tungkal Ulu (Desa Lubuk Bernai, Taman Raja, serta Suban).

Gubernur Jambi, secara tegas mendukung rasionalisasi melalui Surat Rekomendasi Rasionalisasi/Perluasan TNBT No 522/428/Dishut/2006 tanggal 23 Januari 2006. Surat yang ditujukan langsung kepada Menteri Kehutanan (Menhut) tersebut menyetujui areal...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =