NEWS RELEASE:

Wujudkan Orang Rimba Cerdas dan Sehat

news/2018/News_201803_Wujudkan_Orang_Rimba_Cerdas_dan_Sehat1.jpg

Cerdas dan sehat adalah harapan semua orang. Termasuk komunitas Orang Rimba. Perubahan yang drastis pada kawasan hutan yang menjadi tempat hidup mereka, telah menjadikan Orang Rimba marginal. Keseriusan dan dukungan semua pihak untuk mendukung Orang Rimba bisa setara dengan kelompok masyarakat lainnya sangat dibutuhkan.

Secara umum, ruang hidup dan penghidupan Orang Rimba terbagi menjadi tiga kategori. Kategori pertama, yaitu Orang Rimba yang tinggal di hutan dan masih memiliki sumberdaya untuk mendukung kehidupan mereka. Kelompok ini berada di kawasan TNBD. Kategori kedua, merupakan Orang Rimba yang berada di sekitar perkebunan dan minim akan sumberdaya mereka. Kelompok ini banyak ditemukan di sebagian Orang Rimba Jalan Lintas Sumatera dan Selatan TNBT. Kategori ketiga, merupakan kelompok Orang Rimba yang sudah menetap dan terintegrasi dengan desa. Sebagian dari mereka masih memiliki sumberdaya dan sebagian lagi tidak memiliki sumberdaya. Kelompok ini banyak tersebar di sepanjang Jalan Lintas Sumatera, Sarolangun-Bungo.

Kelompok kedua dan ketiga menghadapi persoalan yang serius untuk pemenuhan kebutuhan ruang hidup dan penghidupannya. Sedangkan pada kelompok ketiga, meskipun sudah terintegrasi ke desa terdekat namun akses layanan jangka pendek seperti kebutuhan administrasi kependudukan, kebutuhan layanan pendidikan dan kebutuhan layanan kesehatan masih sulit untuk mereka jangkau. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan cara pandang dan penanganan pada komunitas ini. Untuk itulah advokasi dilakukan supaya Orang Rimba dengan latar belakang dan kondisi yang sudah mereka jalani bisa masuk ke dalam sistem negara dan keberadaan mereka diakui. Dari advokasi yang dilakukan sudah didapatkan sejumlah dukungan untuk Orang Rimba, di antaranya pemerintah mulai menempatkan guru-guru bantu di beberapa kelompok.

Dari advokasi yang dilakukan, terdapat perkembangan yang cukup baik. Pemerintah kabupaten sedang gencar memberikan perhatian dalam bidan...baca selanjutnya...


news/2018/News_201803_Wujudkan_Orang_Rimba_Cerdas_dan_Sehat2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =