NEWS RELEASE:

Butuh Aksi Nyata Mengelola Tnbt

Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) serta hutan penyangganya saat ini menghadapi tekanan berat. Terutama masalah pembalakan liar dan pembukaan hutan baik oleh perusahaan (perkebunan, HTI, pertambangan) ataupun masyarakat. Salah satu kawasan hutan penyangga TNBT yang menghadapi tekanan berat adalah di Kabupaten Indragiri Hilir Riau.

?Pembukaan lahan, terutama? ungkap Nugraha Firdaus, Koordinator Pengelolaan Hutan KKI Warsi-Konsorsium Bukit Tigapuluh saat Ekspose Studi Keruangan dan Pemanfaatan Lahan di Desa Penyangga TNBT (Studi Kasus di Desa Keritang, Batu Ampar dan Selesen Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir Riau) di Ruang Rapat Kantor Baplitbang Kabupaten Inhil Jalan Akasia No. 1 Tembilahan, Senin (11/12/06) kemarin.

Nugraha manambahkan, pembukaan lahan yang dilakukan perorangan ataupun kelompok untuk dijadikan areal pertanian dan perkebunan, saat ini telah mengarah ke areal hutan penyangga yang menjadi bagian rencana rasionalisasi TNBT. Padahal areal tersebut bertopografi curam (kelerengan di atas 40%). Kondisi ini nantinya, dikhawatirkan berdampak negatif. Dengan kata lain kita tinggal menunggu waktu datangnya erosi, sedimentasi di hilir, banjir, kekeringan juga akan punahnya habitat flora dan fauna.

Karena itu lanjut Nugraha, untuk mengetahui berbagai bentuk kerusakan ekologi, KKI Warsi telah melakukan survey keruangan dan pemanfaatan ruang sejak awal 2005 lalu. Diharapkan hasil studi dapat digunakan sebagai solusi, terutama sosial ekonomi serta pemanfaatan lahan dan ruang. Dengan begitu tekanan terhadap TNBT dapat dikurangi.

Ada beberapa hal yang kami rekomendasikan untuk berbagai permasalahan pemanfaatan lahan selama ini. Untuk areal bertopografi datar, sebaiknya masyarakat mamanfaatkan lahan untuk pola pertanian tanaman pangan semusim ataupun perkebunan. Sedangkan topografi sedang, pola pertanian yang cocok adalah tanaman keras dengan perakaran yang dalam seperti karet, durian ataupun duku. Nah, untuk...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =