NEWS RELEASE:

Apa Kabar Rasionalisasi TNBT?

Berharap mendapatkan SK Rasionalisasi di pertengahan tahun, tapi hingga kini (2007) belum ada beritanya. Padahal, Menhut telah menyatakan bahwa Surat Keterangan (SK) Perluasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) segera terealisasi. Karena, Departemen Kehutanan sudah menyetujui rasionalisasi yang tinggal menghitung hari ketika jumpa pers di Pekanbaru, Riau (10/5/06) lalu. Lho kok?

Taman Nasional Bukit Tigapuluh yang terbentang di Provinsi Riau-Jambi sudah sejak 2001 diusulkan untuk dirasionalisasi. Adalah Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi Jambi yang menginisiasikan wacana ini beserta empat konsorsiumnya dengan nama Konsorsium Bukit Tigapuluh. Tujuannya jelas, perlindungan hutan alam Sumatera yang tersisa.

Ya, namanya saja rasionalisasi. Sudah tentu bentuk yang kurang ideal baik dari segi pengawasan terlebih pengelolaan yang harus diprioritaskan. Yaitu, penetapan kawasan lindung yang berkaitan dengan kelerengan lahan di atas 40 persen dari 45 derajat. Acuannya jelas, UU No. 24 Tahun 1992 tentang Tata Ruang dan Keppres No. 32 Tahun 1990 tentang Pengelolaan Kawasan Lindung. Di sinilah perencanaan tata ruang dimainkan melalui identifikasi lahan yang perlu dilindungi dari berbagai pemanfaatan.

Tentu saja, Pemerintah Daerah sebagai pemeran utama. Karena, kawasan hutan penyangga yang berada di luar Taman Nasional yang diusulkan untuk dirasionalisasikan bukanlah wewenang Pemerintah Pusat. Melainkan, Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah lah yang melakukan usulan rasionalisasi dengan dilengkapi berbagai peta pendukung dan memo teknis lainnya. Dengan kata lain, Pemerintah Pusat akan mempelajari dan mengevaluasi usulan rasionalisasi untuk kelayakannya berdasarkan rekomendasi Daerah. Karena itu, rasionalisasi bergantung pada Pemerintah Daerah.

Jika begitu permasalahannya, mari kita teliti di mana macetnya ?janji? Menhut!

Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) ditunjuk berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 539...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =