NEWS RELEASE:

Penting Kebijakan Spesifik Pengelolaan Sumberdaya Hutan

Kabupaten Sarolangun memiliki karakter wilayah yang sangat spesifik yaitu bentangan wilayah dari barat ke timur, dari dataran tinggi hingga dataran rendah mengikuti Daerah Aliran Sungai (DAS) Limun Batang Asai dan Batang Tembesi dengan puluhan anak sungainya yang tersebar diseluruh kabupaten Sarolangun.


Kondisi yang spesifik ini telah menjadi landasan strategi pembangunan daerah melalui Perda No.6 tahun 2001 tentang Renstra 2001-2006, yang menetapkan 3 zona pembangunan yaitu: Bagian atas/hulu/Barat untuk kawasan lindung, bagian tengah sebagai kawasan pelayanan umum, dan bagian bawah/hilir/timur sebagai kawasan budidaya kehutanan dan perkebunan.


Untuk sektor kehutanan sebagai salah satu sektor yang sangat erat hubungannya dengan pengelolaan DAS, telah muncul beberapa inisiatif seperti pengembangan hutan adat, hutan kota, wanatani yang kesemuanya itu dilakukan oleh masyarakat. Hanya saja cara-cara yang dikembangkan ini belum sepenuhnya mampu memulihkan kodisi hutan yang telah terlanjut terdegradasi akibat pengelolaan dimasa lampau yang terlalu ekspoitatif. ?Untuk itu ke depan, perlu perubahan pengelolaan hutan dari eksploitasi berlebihan menjadi pengelolaan yang lebih berkelanjutan dengan menempatkan masyarakat sebagai pemegang peran utama,? demikian rumusan Workshop Multipihak Mendorong Pengelolaan Sumber Daya Hutan Bersama0 Masyarakat Berbasis DAS di Kabupaten Sarolangun tahun 2006. (12/10) lalu.


Selain itu, workshop yang dibuka langsung oleh Bupati Sarolangun Hasan Basri Agus itu, juga menyepakati penting disusun suatu kebijakan/aturan spesifik yang disusun bersama untuk memperkuat kerangka pengelolaan sumberdaya hutan di daerah yang nantinya dapat memperjelas peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya hutan, berdasarkan potensi, masalah, pengalaman, dan harapan masyarakat. Dalam penyusunan kebijakan ini, juga diharapkan dapat dilakukan secara multipihak, untuk melakukan telaah yang menghasilkan naskah akademik dan...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =