NEWS RELEASE:

Hadang HPH Berbuah Penghargaan

(sekelumit Cerita Perjuangan Masyarakat Guguk Mempertahankan Hutan Tersisa)
news/2006/News_200608_CBFMAward1.jpg

Pengelolaan hutan berbasis masyarakat atau Community Based Forest Management (CBFM) sudah lama berkembang di Indonesia dan kini dipandang sebagai salah satu alternatif sistem pengelolaan lestari yang bertumpu pada pengetahuan masyarakat lokal atau adat. Berbagai inisiatif dalam pengembangan CBFM telah dilakukan oleh berbagai pihak, baik pemerintah, lembaga non pemerintah, lembaga pendidikan dan lembaga penelitian, swasta, BUMN serta masyarakat sendiri secara swadaya. Oleh karena itu Departemen Kehutanan?Ford Fondation (FF) memberikan penghargaan terhadap para inisiator pengembangan CBFM di Indonesia dalam bentuk CBFM Award. Pada Tahun 2006 ini penghargaan diberikan kepada 10 inisiator terbaik, dengan kategori -- empat inisiator untuk kategori kelompok masyarakat, dua inisiator untuk kategori lembaga non pemerintah dan empat inisiator dengan kategori perorangan.


Masyarakat Desa Guguk Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin, yang tergabung dalam Kelompok Pengelola Hutan Adat Desa Guguk merupakan salah satu inisiator yang mendapat penghargaan yang diserahkan langsung oleh Mentri Kehutanan Malam Sambat Ka?ban Jumat (11/8) di Jakarta. Penghargaan yang diberikan ini dalam bentuk plakat dan sertifikat, serta hadiah berupa uang sebesar Rp. 10.000.000.


Inisiatif yang dilakukan kelompok pengelola hutan adat Desa Guguk hingga meraih penghargaan antara lain atas upaya yang mereka lakukan. Diantaranya adalah merebut areal hutan Guguk dari HPH PT. Injapsin, penyelesaian tata batas hutan adat, serta mendorong upaya pengukuhan hutan adat dengan SK Bupati Merangin. ?Untuk mengelola hutan adatnya masyarakat Desa Guguk membentuk kelompok pengelola dan merumuskan piagam kesepakatan. Selain itu masyarakat juga membentuk Lubuk Larangan yang merupakan bentuk perlindungan masyarakat terhadap ekosistem air, dengan prosesi panen lubuk larangan setahun sekali,?kata Rahmat Hidayat Direktur Eksekutif KKI Warsi, NGO yang selama ini secara aktif mendampingi masyar...baca selanjutnya...


news/2006/News_200608_CBFMAward2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =