NEWS RELEASE:

Dukungan Rasionalisasi Tnbt Terus Mengalir

news/2006/News_200607_DukungTNBT.jpg

Perjalanan Rasionalisasi Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) yang diperjuangkan Konsorsium Bukit Tigapuluh sejak awal 2005 lalu, menampakkan titik cerah. Berbagai pihak telah mendukung penuh terhadap kawasan yang merupakan hutan hujan tropis dataran rendah dengan nilai konservasi luar biasa ini.


?Rasionalisasi akan memberikan kemudahan pengelolaan TNBT serta manfaat jangka panjang bagi masyarakat? tegas Kepala Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh wilayah Riau, Ir. Moh. Haryono, M.Si.


?Karena itu, kawasan yang merupakan perbukitan curam di tengah hamparan dataran rendah sebelah Timur Sumatera yang terpisah dari rangkaian Bukit Barisan ini harus tetap lestari? tambah Haryono.


Hal senada diungkapkan Bupati Indragiri Hulu, Drs. HR. Thamsir Rahman, MM seperti yang dikutip dari Riau Pos (15/06/06). Menurut Beliau, dukungan rasionalisasi merupakan bentuk penyelamatan TNBT yang memiliki berbagai jenis flora dan fauna. TNBT juga merupakan aset berharga Inhu yang merupakan daerah resapan air, jadi akan mencegah bencana banjir.

Taman Nasional Bukit Tigapuluh berdasarkan SK Menhut Nomor Nomor 607/Kpts-II/2002 meliputi 144.223 Ha. Berada di Provinsi Riau (111.223 ha) yaitu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Indragiri Hilir (Inhil) serta Provinsi Jambi (33.000 ha) di Kabupaten Tebo dan Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar).

Saat ini, potensi TNBT telah tereksploitasi yang menyebabkan daya dukung habitat dan fungsi hidrologi kurang optimal. Ditambah hilangnya tutupan hutan alam yang mengancam kerusakan ekosistem lebih luas menjadikan konservasi harus dilakukan.

Tentu saja, keberadaan TNBT (Riau-Jambi) beserta potensi di berbagai kawasan penyangga harus kita pertahankan. ?Rasionalisasi? ungkap Diki Kurniawan Koordinator Konsorsium Bukit Tigapuluh. Dengan tujuan jangka panjang perlindungan hutan alam Sumatera tersisa.

Seperti yang telah diberitakan, Gubernur Jambi mendukung rasionalisasi melalui Surat Re...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =