NEWS RELEASE:

Ketika Anak Rimba Ikut Sekolah Formal

Sejak Pagi Telah Merapikan Diri, Hari Pertama Sekolah Kenakan Sandal Jepit
news/2009/News_200907_Sekolah_Formal_OR1.jpg

Senin pagi (13/7) ada yang berbeda pada kelompok Orang Rimba di SPC Pelakar Jaya Kecamatan Pemenang, Kabupaten Merangin Jambi. Pemukiman Orang Rimba yang berjarak sekitar 700 meter dari transmigrasi Pelakar Jaya itu, terasa bersemangat. Sejak pukul 6 pagi, anak-anak dan orang tua dari rombong Nungkai ini sudah membasuh diri di dua sumur yang terdapat di pemukiman itu . Bukan hal yang biasa bagi Orang Rimba mengawali aktifitasnya dengan membasuh diri di sumur. Selama ini Orang Rimba identik dengan kebiasaan mereka yang jarang mandi dan membersihkan diri.

Senin kemarin merupakan hari yang istimewa, sejumlah anak rimba di kelompok ini mendaftar di SD 256/IV Pelakar Jaya, untuk mengikuti pendidikan formal. Usai mandi orang tua mengenakan pakaian yang paling bagus yang mereka miliki. Sedangkan anak-anak mengenakan seragam SD yang diberikan KKI Warsi sehari sebelumnya. Bersih dan nyaris tak ada beda tampilan anak-anak rimba ini dengan anak lainnya. Buku dan tas mereka juga sudah siap, untuk dibawa ke sekolah, hanya saja lima dari enam anak yang akan bersekolah ini untuk masih mengenakan sandal jepit, untuk alas kaki mereka. Ketiadaan sepatu ini tidak menyurutkan semangat anak-anak rimba untuk bersekolah, sejak jam 7 pagi mereka sudah siap untuk berangkat ke sekolah yang menjadi harapan mereka untuk menjadi lebih baik dikemudian harinya.

Sepatu awalnya disepakati menjadi tanggung jawab orang tua masing-masing. Namun karena ada yang meninggal di rombong itu, sebagian mereka pergi melangun sehingga tak bisa pergi membeli sepatu. Meski melangun tidak lagi seperti zaman dulu, dimana mereka harus jauh meninggalkan pemukiman dan kembali beberapa tahun kemudian. Namun sejak menetap, tradisi belangun tidak lagi jauh dan lama, mereka hanya meninggalkan rumah beberapa hari dan tetap berada disekitar 1 km dari pemukiman mereka.

Dengan dijemput fasilitator pendidikan dan pendamping Orang Rimba dari KKI Warsi, anak...baca selanjutnya...


news/2009/News_200907_Sekolah_Formal_OR2.jpg news/2009/News_200907_Sekolah_Formal_OR3.jpg news/2009/News_200907_Sekolah_Formal_OR4.jpg news/2009/News_200907_Sekolah_Formal_OR5.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =