NEWS RELEASE:

BHIP Akan Menjadi Mubazir?

Akibat Hutan Dharmasraya Semakin Habis

Kabupaten Dharmasraya dengan 6 sub DAS yang menjadi hulu DAS Batang Hari dan juga pembangunan bendungan Batang Hari untuk irigasi (Batang Hari Irrigation Project), merupakan ?pembeda? kabupaten Dharmasraya dengan kabupaten lainnya. DAS Batanghari merupakan DAS terbesar kedua di Sumatera setelah DAS Musi, dengan water catchment area (daerah tangkapan air) sekitar 4,9 juta hektar. Di kabupaten Dharmasraya terdapat beberapa sub DAS antara lain sub sub DAS Jujuhan, sub DAS Batang Hari Hulu, sub sub DAS Batang Momong (sub DAS Batang Gumanti), sub sub DAS Batang Piruko ? Palangko, sub sub DAS Batang Siat dan sub DAS Batang Pangian.


Dengan kondisi seperti diatas maka jelas terlihat bahwa kabupaten Dharmasraya merupakan daerah yang memegang peranan sangat penting dalam 'megasistem' DAS Batanghari. Perencanaan dan implementasi pengelolaan sumberdaya alam di daerah ini akan memberi pengaruh yang besar terhadap daerah lain dalam DAS Batanghari yang terbentang dari punggung Bukit Barisan di Sumatera Barat dan bermuara di Selat Berhala Provinsi Jambi.


Salah satu aspek penting dalam pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah kondisi tutupan hutan. Untuk kabupaten Dharmasraya dari kajian tutupan lahan dengan menggunakan teknologi penginderaan jauh melalui pemotretan citra satelit landsat 7 etm+, diketahui data dan informasi yang bisa digolongkan aktual untuk kondisi tutupan lahan saat ini. Tutupan hutan di Dharmasraya dalam kurun 11 tahun telah hilang sebanyak 13.721 ha. Pada tahun 1994 tutupan hutan masih terdapat 94.645,9 ha atau sekitar 31,5 persen dan tahun 2005 menjadi 80.924,9 ha atau sekitar 27,8 persen. Perubahan yang cukup tajam ini disebabkan karena konversi lahan menjadi perkebunan, pemukiman dan areal transmigrasi dan juga aksi illegal logging. Namun yang paling banyak perubahan fungsi kawasan menjadi perkebunan kelapa sawit. Pada tahun 2005 luas perkebunan sawit di Kabupaten Dharmasraya mencapai 93.030,69 atau sekitar 32.05 persen dari ...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =