NEWS RELEASE:

Menhut, Sk Perluasan Tnbt Segera Terwujud

news/2006/News_200605_SKPerluasan.jpg

Menteri Kehutanan (Menhut) MS Kaban mengatakan Surat keterangan (SK) perluasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) di Kabupaten Indragiri Hulu dan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Kabupaten Pelelawan, Riau akan segera diwujudkan.

Dalam keterangan persnya di Pekanbaru pada Rabu (10/5) malam Menhut mengatakan Departemen Kehutanan sudah menyetujui perluasan kedua taman nasional yang memiliki berbagai keunikan itu. ?Perluasan kedua taman nasional itu, hanya menunggu hari saja SK itu akan segera dikirim ke Riau? katanya.

Menurut dia, sebagai bukti persetujuan pemerintah pusat sudah mengeluarkan SK dari Menteri Pemberdayaaan Aparatur Pemerintah (Menpan) untuk pengangkatan pegawai yang akan bertugas di Unit Pelayan Terpadu (UPT) untuk kedua taman nasional.

?Menpan sudah menyetujui dibentuknya UPT di TNBT dan TNTN? paparnya. Ketika ditanya kapan pastinya SK perluasan kedua kawasan dikeluarkan, Menhut tidak menyebut waktunya secara pasti, hanya saja ia mengatakan tidak lama lagi. ?SK-nya tinggal menunggu hari saja. Tidak lama lagi? tambahnya.

Meskipun kepastian persetujuan perluasan kedua taman nasional itu benar adanya, namun Menhut mengatakan ada beberapa aspek yang tetap harus dilakukan kajian lebih dahulu, terutama dari aspek kawasan milik perusahaan yang akan dikurangi luasannya.

?Ada beberapa hal yang harus kami kaji lebih dahulu, terutama terkait masalah dengan sejumlah perusahaan yang luas wilayahnya akan dikurangi untuk keperluan perluasan areal taman nasional itu? katanya.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) berada di Kabupaten Indragiri Hulu dengan luas sekitar 81.223 ha, di kawasan ini bermukim suku tradisional Talang Mamak serta terdapat habitat harimau sumatera, gajah sumatera, badak, tapir dan sejumlah hewan langka lainnya.

Sementara Taman Nasional Tesso Nilo yang terletak di Kabupaten Pelelawan memiliki luas 38.576 Ha. Kawasan yang menurut penelitian Center for Biodiversity Manageme...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =