NEWS RELEASE:

Ketika Orang Rimba Ikut Pemilihan Presiden

Kami Berharap Hutan Kami Tidak Habis, Adat Istiadat Kami Tetap Jalan
news/2009/News_200907_Pemilihan_presiden1.jpg

Untuk menuju ke TPS 06 SAD di Sungai Lingkar Kacamatan Maro Sebo Ulu, Kabupaten Batanghari Jambi, bukanlah hal mudah bagi Orang Rimba di Taman Nasional Bukit Dua Belas Jambi. TPS yang secara khusus diperuntukkan bagi Orang Rimba ini bisa diakses dengan berjalan kaki selama 1 hari dari pemukiman Orang Rimba. Namun upaya penyelenggara pemilihan presiden di lokasi ini patut dihargai, dengan tersedianya TPS khusus yang buat di dalam perkebunan karet km 3 di eks PT Intan Peta Dharma.

Dua hari menjelang pemilihan yang berlangsung 8 Juli kemarin, Orang Rimba telah berada disekitar lokasi TPS. Mereka memilih tempat yang lumayan nyaman untuk dihuni beberapa malam hingga selesai memberikan suara mereka. ?Kami harop bepak yang terpilih nantinyo menjago hutan kami, agar supayo adat istiadat kami jangan helang. Hutan tergantung adat istiadat, bertahankan hutan, bertahan adat kami. Kalau hutan tidak terbuka kan adat istiadat kito tak berubah. Itu yang kami harapkan ikut milih,? aku Tengganai Ngayao dari kelompok Orang Rimba dipimpin Tumenggung Ngirang ketika usai memilih presiden.

Meski nama calon presiden yang akan bertarung tidak diketahui Orang Rimba, namun sejak jauh hari mereka telah berketetapan hati untuk memilik calon rajo, berdasarkan nomor urut calon ?Kami hanyo tontu nomor bae, kalo namo hopi jelay, Tapi kalau wajahnyo jelay, kami ado lihat di tipi-tipi yang ado di dusun,?sebut Ndulang orang rimba lainnya.

Meski demikian, Orang Rimba ini sangat yakin dengan pilihan mereka. Dengan harapan pemimpin republik ini ke depan mempertahankan hutan yang menjadi rumah mereka. ?Itulah minta kami hutan kami dipertahankan, jangan rusak hutan kami, kalau yang lainnya terserahlah,?Kata Ndulang.

Di TPS 06 ini terdata ada 493 mata pilih yang kesemuanya Orang Rimba. Hanya saja yang datang untuk menggunakan hak pilihnya hanya 53 orang, yang berasal dari kelompok Tumenggung Nyenong dan Tumenggung Ngirang. Ada banyak alasan masih rendahny...baca selanjutnya...


news/2009/News_200907_Pemilihan_presiden2.jpg news/2009/News_200907_Pemilihan_presiden3.jpg news/2009/News_200907_Pemilihan_presiden4.jpg news/2009/News_200907_Pemilihan_presiden5.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =