NEWS RELEASE:

Anak Talang Mamak Rame-rame Belajar Bahasa Inggris

Mengagumkan. Ternyata minat belajar bahasa Inggris tidak hanya miliki oleh para siswa yang duduk di sekolah formal saja. Namun juga digemari siswa informal.


Memang, bahasa Inggris bukanlah suatu bahasa yang sangat asing di telinga kita. Berbagai sekolah dan kursus pun telah mengajarkan keterampilan ini. Tapi, bagaimana kalau yang ingin belajar bahasa Inggris adalah anak-anak dari Pemukiman Masyarakat Tradisional Talang Mamak di Dusun Tuo Datai Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu di Wilayah Taman Nasional Bukit Tigapuluh?


Pak Saefudin alias Pak Tatung baru selesai mengajar. Bangunan kayu bertuliskan ?Sanggar Belajar Datai? ia tinggalkan. Meski sekolah tersebut hanya beratap anyaman daun, beralas tanah, berdinding terbuka dan berisikan lima bangku-meja belajar. Namun, kondisi tersebut tidak mengurangi semangatnya.


?Sudah Dua tahun saya mengajar di sini,? ucapnya saat menerima kunjungan silaturrahmi Tim KKI Warsi/Konsorsium B30. Dan yang paling menggembirakan sekarang adalah, ?anak-anak pada pingin belajar bahasa Inggris. Saya juga tidak tahu mengapa. Mungkin karena mereka pernah melihat saya bicara dengan bule pake bahasa yang tidak mereka pahami. ?Eh, akhirnya mereka minta diajari,? lanjutnya sambil menarik dalam rokok tembakau.


Ya udah, saya ajari aja. Meski saya juga belum fasih betul. Yang penting yes no dulu lah. Awalnya sih susah. Karena, biasanya yang digunakan bahasa Indonesia-Melayu dan Bahasa campuran di sini. Sekarang, setelah tiga bulan berjalan, mereka telah mengerti. Bahkan, hingga angka seratus dan nama-nama benda. ?Tekad mereka itu, yang membuat saya optimis, ?imbuhnya.


Pak Tatung (42), asli Rantau Langsat, merupakan satu-satunya Guru Pendamping yang difasilitasi PKHS (Program Konservasi Harimau Sumatera). Menurut Bapak tiga anak ini, awalnya ia takut dan bingung. Untuk menuju Dusun Tuo Datai dari Lemang saja, tempat tinggalnya, bukanlah pekerjaan m...baca selanjutnya...





Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =