NEWS RELEASE:

Early Warning

Antisipasi Datangnya Banjir


Hujan deras yang mengguyur Jambi beberapa hari terkahir telah menyebabkan banyak kawasan yang terendam banjir, akibat meluapnya sungai Batanghari. Banjir yang hampir merata disetiap kabupetan ini telah menyebabkan kerugian pada masyarakat akibat terendamnya kawasan pertanian. Tak hanya itu sejumlah sekolahpun terpaksa diliburkan atau diungsikan karena sekolah ini juga terendam banjir. Belum lagi masyarakat yang harus mengungsi karena rumah mereka terendam.

Kerugian dan kerusakan yang timbul akibat meluapnya sungai Batanghari seharusnya bisa diperkirakan sejak awal dengan adanya sistim peringatan dini yang valid. Untuk mendeteksi akan datangnya banjir bisa dilakukan dengan melihat trend kenaikan permukaan sungai Batanghari. Untuk ini diperlukan peralatan Automatic Water Level Record (AWLR) dan juga rain gauge (alat pengukur curah hujan). Sebenarnya setiap kabupetan dalam Provinsi Jambi telah memiliki AWLR dan juga rain gauge, hanya saja dari alat-alat yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk pengukur curah hujan dan ketinggian muka air sungai tersebut kebanyakan tidak berfungsi dengan baik.

Hasil monitoring lapangan yang dilakukan oleh Kelompok Kerja (Pokja) DAS Batanghari ke sejumlah daerah di Provinsi Jambi ditemukan dari 17 AWLR yang ada hanya 3 yang bisa berfungsi yaitu di Kota Jambi, Bungo dan Muarajambi. Sedangkan lainnya tidak bisa berfungsi diantaranya terletak di perbatasan Jambi-Sumbar, Muarajambi, Sarolangun Batanghari, Kerinci dan Merangin. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pojka Monitoring DAS Batanghari Ir Moh Suprijanto MM di Jambi.

Sedangkan alat pengukur curah hujan dari 10 yang ada hanya 5 yang bisa berfungsi. ?Padahal alat ini berfungsi satu saja dimasing-masing kabupaten bisa dijadikan sebagai acuan untuk early warning (peringatan dini) akan terjadinya banjir ataupun musim kering di Jambi yang biasanya menimbulkan kebakaran lahan dan asap,? katanya.

Disebutkan alat AWLR dan rain gauge yang dibutuhkan...baca selanjutnya...






Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =