NEWS RELEASE:

Pancakarya Haramkan Dompeng dan Chainsaw

news/2005/News_200501_Pancakarya1.jpg


Pancakarya haramkan dompeng dan cainsaw



Jambi, 26 Januari 2005


Di tengah maraknya penambangan emas tanpa izin (PETI) yang dilakukan oleh masyarakat di sejumlah sungai yang ada di Provinsi Jambi, Desa Pancakarya Kecamatan Limun Kabupaten Sarolangun, termasuk desa yang mengharamkan kegiatan ini. Masyarakat Pancakarya menyadari betul pencemaran yang ditimbulkan akibat penambangan emas yang dilakukan tersebut. Tokoh-tokoh masyarakat berupaya mencegah penambangan emas dengan menggunakan dompeng dilakukan disepanjang aliran sungai Batang Limun yang menjadi sumber kehidupan masyarakat desa ini. Padahal di desa tetangga Pancakarya yaitu Desa Ranggo dan Temenggung dan sejumlah desa lainnya telah melakukan aksifitas penambangan emas liar tersebut.

?Kami menyadari pencemaran yang akan terjadi jika di desa kami dilakukan penambangan emas,?kata Abdullah Sani ketua BPD Desa Pancakarya. Menurutnya pernah juga warha desa, mencoba untuk melakukan usaha tersebut, akan tetapi begitu diketahui, ada yang memiliki mesin dompeng segera diberi peringatan supaya tidak melakukan usaha tersebut.

?Sebagian besar masyarakat kami masih sangat tergantung kepada sungai, mulai dari air bersih, mencuci mandi dan kegiatan lainnya. Jika sungai kami dicemari dengan limbah mercuri yang menjadi pembersih emas bisa-bisa masyarakat kami terjangkit berbagai penyakit,?sebutnya.

Selain itu menurutnya jika sungai dicemari maka yang paling menderita adalah kaum perempuan, dan anak-anak. Seperti diketahui, jika ada kegiatan penambangan emas, maka air sungai akan menjadi berwarna coklat dan sangat tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan rumah tangga akan air, belum lagi pencemaran oleh mercuri yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Tak hanya pencemaran terhadap sungainya yang dihindari oleh masyarakat, akan tetapi sumber air terhadap sungai Batang Limun yang melintasi desa tersebut juga menjadi perhatian seriu...baca selanjutnya...


news/2005/News_200501_Pancakarya2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =