NEWS RELEASE:

SAD, Rajo Tolong Selamatkan Rimbo Kami!

news/2004/News_200409_Camat1.jpg

Tidak ada acara protokoler, tidak ada tarub atau pun panggung ketika rombongan Camat Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Abid Amin, yang difasilitasi Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, mengunjungi ?Warga Istimewanya,? yaitu Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba (demikian Orang Rimba lebih suka menyebut jatidirinya) di kedalaman selatan kawasan hutan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD), Sabtu (18/9).

Kesederhanaan itu bisa dilihat ketika mereka berkunjung ke tempat kelompok Orang Rimba yang tinggal dekat Sungai Pematang Senti, Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, yang dipimpin Temenggung Marituha. Mereka juga melanjutkan perjalanan berkunjung ke kelompok Orang Rimba yang berada dekat Sungai Pakuaji, Desa Pematang Kabau yang dipimpin oleh Temenggung Tarib.

Ketika mengunjungi kelompok Orang Rimba yang dipimpin Temenggung Marituha, misalnya, dari pinggir jalan Desa Lubuk Jering, rombongan harus masuk ke hutan menyusuri jalan setapak untuk sampai ke kelompok tersebut. Rombongan yang terdiri dari tokoh desa setempat, camat dan istrinya serta mahasiswa Universitas Batanghari Jambi beberapa lama sempat terperangah ketika melihat sekumpulan Orang Rimba yang hanya mengenakan cawat dan bertelanjang dada tengah bersantai dan berjongkok di atas rotan yang tampaknya baru mereka potong.

Tidak lama sejumlah laki-laki dewasa dan anak-anak Orang Rimba muncul dari balik kegelapan hutan dekat jalan setapak. Mereka semua mengenakan cawat dan bertelanjang dada, dengan rambut kusam. Mereka juga sama terperangahnya melihat rombongan dari desa tersebut. Ketika diberitahu oleh Fasilitator dan Antropolog Warsi, Marahalim, dan Fasilitator Desa, Eri Rinaldi, bahwa rombongan itu adalah Rajo (Penguasa) Camat Air Hitam, para rombongan Orang Rimba itu saling berbicara dengan antusias. Beberapa diantaranya masuk kembali kedalaman hutan, sementara sebagian yang lain termasuk anak-anak saling berteriak ? seperti memberitahu yang lainnya ? bahwa mereka kedatangan ...baca selanjutnya...


news/2004/News_200409_Camat2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =