NEWS RELEASE:

Dari Ekspedisi Media Ke Desa Batu Kerbau

Perjuangan Masyarakat Batu Kerbau Yang Belum Berakhir
news/2004/News_200406_Ekspedisi1.jpg

Tidak ada yang berubah dari Desa Batu Kerbau, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Jambi, setelah mendapatkan penghargaan Kalpataru tingkat nasional, kategori : Penyelamat Lingkungan. Raungan mesin chainsaw di tengah kawasan hutan desa tersebut masih sering terdengar, sawmill-sawmill liar, IPHH dan HPH masih ramai menggempur desa tersebut. Kegiatan pebalok dari masyarakat luar ke hutan adat Desa Batu Kerbau juga masih sering terjadi.

Masyarakat Desa Batu Kerbau masih sendirian dalam mempertahankan dan menjaga kelestarian kawasan hutan desa mereka, baik hutan lindung, hutan adat dan lubuk larangan yang selama ini mereka kelola dengan nilai-nilai kearifan adat budaya Minang Kabau. Mereka tetap harus melalui itu semua termasuk jalan-jalan rusak karena kendaraan berat pengangkut kayu.

Terakhir ini, dirasakan pula oleh rombongan media yang ikut dalam Ekspedisi Media ke Desa Batu Kerbau pada 12-13 Juni 2004, yang digelar oleh Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi. Mereka harus menempuh perjalanan selama dua jam dari Bungo dan melalui jalan panjang yang rusak parah dan hampir mendekati Desa Batu Kerbau, sawmil-sawmil liar dan raungan chainsaw sering terdengar.

Meski dengan susah payah, rombongan media yang terdiri dari Kompas, Media Jambi, Jambi Ekspress, Jambi Independent, MetroTV, SCTV, RCTI, Trans TV, TPI, sampai juga ke desa peraih Kalpataru yang asri dan masih dikelilingi bukit-bukitan hutan dan suara gemerecik air sungai dari Lubuk Larangan. Begitu rombongan datang, anak-anak kecil dan perempuan yang masih ada di rumah panggung mereka langsung menjulurkan kepalanya ke jendela rumah. Sebagian dari mereka keluar dan menyambut hangat kedatangan rombongan.

Kepala Desa, Tafrizal langsung menjamu rombongan dimana telah berkumpul sejumlah masyarakat lainnya bersama tokoh adat yang selama ini dikenal sebagai pelopor yang memperjuangkan kelestarian hutan di kawasan desa itu yaitu, Datuk Rasyid AK (Datuk Sinaro nan Putih) dan Ketua Kelom...baca selanjutnya...


news/2004/News_200406_Ekspedisi2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =