NEWS RELEASE:

Hasil Pertemuan Tokoh Orang Rimba, Bksda, Dan Kki Warsi

Dambakan Pengakuan Hak Dan Lembaga Mandiri
news/2004/News_200404_Pertemuan_or1.jpg

Para tokoh Orang Rimba menyambut gembira rencana pembentukan lembaga kemandirian yang bisa dibentuk dan dikelola oleh mereka sendiri.

Mereka juga menyambut baik keinginan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) provinsi Jambi, yang akan membantu mereka dalam menjaga kelestarian Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD), demi kesejahteraan dan kemandirian Orang Rimba di masa mendatang.

Sementara itu Koordinator Program Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi Jambi, Robert A, menilai pertemuan para tokoh Orang Rimba dengan BKSDA yang dipimpin langsung oleh Ketuanya, Maraden Purba itu, sebagai pengakuan adanya hak dan budaya Orang Rimba.

?Pertemuan itu sangat penting bagi pengelolaan kawasan TNBD ke depan, sehingga posisi dan hak Orang Rimba semakin jelas. Yang lebih menarik lagi dari pertemuan itu, Orang Rimba menyadari bahwa mereka tidak bisa menghindari adanya suatu perubahan. Ke depan, hanya hutan dan tanah sebagai eksistensi jati diri mereka,? ujar Robert usai pertemuan yang berlangsung dua hari, Jumat (23/4), di Jambi. Pertemuan itu berlangsung dua hari sejak Kamis (23/4), di kantor KKI Warsi Jambi, dan dihadiri 14 tokoh Orang Rimba, serta Maraden Purba dan para stafnya.

Meskipun masih sebatas wacana, sejumlah tokoh Orang Rimba ini berharap pertemuan itu bisa membawa dampak postif bagi kehidupan mereka ke depan.

?Kami senang, BKSDA mau mendengar dan mengakui keberadaan kami. Kami juga senang karena permasalahan di hutan (TNBD-red) akan ditangani BKSDA. Kami juga akan menyampaikan hasil pertemuan ini kepada kawan-kawan kami di rimba. Terutama tentang rencana pembentukan lembaga kemandirian ini,? ungkap Bepak Pengusai (Ngandun Tua), salah seorang tokoh Orang Rimba, yang disambut anggukkan setuju lainnya, usai pertemuan.

Diakui juga oleh Temenggung Nggrip bahwa selama ini sumber ekonomi mereka yang ada di taman nasional seperti pohon sialang, dan jernang ikut rusak karena kegiatan pebalokan (illegal loggin...baca selanjutnya...


news/2004/News_200404_Pertemuan_or2.jpg




Berita terkait:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =