Perlindungan
Hak-Hak Suku-Suku Minoritas Marginal

Hutan merupakan tempat gantungan hidup dan berpenghidupan suku-suku minoritas. Sayangnya hutan yang menjadi gantungan hidup mereka tergerus kebijakan yang lebih mementingkan korporasi. Suku marginal dengan pola hidup dalam kelompok-kelompok kecil belum memiliki bergaining position yang setara dengan kelompok masyarakat lainnya sehingga mereka tersingkir dan semakin marginal.


Untuk itulah penting melakukan advokasi dan perjuangan bersama pengakuan hak-hak suku marginal. Hingga saat ini WARSI fokus melakukan advokasi, pendampingan dan menjembatani suku asli marginal untuk mendapatkan hak-hak dasar mereka sebagai warga negara.


Saat ini WARSI bekerja untuk Orang Rimba, Orang Batin Sembilan dan Talang Mamak. Ekosistem tempat tinggal suku ini berada di dataran rendah hingga ke transisi dataran tinggi. Secara tradisional suku-suku minoritas marginal hidup dari sumber daya alam di sekitar mereka terutama bertani, berburu, memanfaatkan hasil hutan. Kawasan dataran rendah tempat hidup suku-suku ini merupakan ekosistem yang paling luas dan mengalami degradasi parah saat ini. Sebagian dari ekosistem dataran rendah ini sudah terlanjur kehilangan hutan dan diganti oleh perkebunan sawit, transmigrasi dan HTI.





Related Content:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =