Batin Sembilan

images/content_suku_suku_batin_sembilan.gif

Batin sembilan merupakan salah satu masyarakat suku minoritas yang tersebar di Kabupaten Muara Jambi, Batanghari dan Sarolangun. Pemerintah menamakan komunitas ini Suku Anak Dalam ini, masyarakat Melayu menyebut Mereka dengan sebutan kubu. Konon penamaan Batin Sembilan ini merujuk kepada nama-nama sungai yang didiami oleh keturunan Bayang Lais yang dinikahi Maruhun Sunsang Romo. Keturunan Bayang Lais ini, memiliki sembilan anak, yang mewarisi dan memiliki kekuasaan di Sembilan anak sungai yang disebut dengan Batin. Sungai yang mereka kuasai adalah Sungai Bulian, Sungai Bahar, Sungai Singoan, Sungai Jebak, Sungai Jangga, Sungai Telisak, Sungai Sekamis, Sungai Semusir, dan Sungai Burung Hantu. Hingga kini wilayah-wilayah ini masih ditempati oleh suku ini, walau sebagian besarnya sudah mengalami asimilasi dengan komunitas lain yang datang ke wilayah ini.


Pemerintah dengan kebijakannya telah menghadirkan berbagai model pembangunan di wilayah komunitas Batin Sembilan. Sayangnya pembangunan yang dilakukan kurang menyentuh keberadaan komunitas ini. Kandungan sumber daya alam yang melimpah di wilayah penghidupan Batin Sembilan telah menggerakkan pemegang kekuasaan di wilayah itu untuk mengeruk sumber daya yang ada. Mulai sejak zaman penjajahan Belanda, yang menggali sumur-sumur minyak di wilayah Bajubang, Tampino dan Kenali Asam Atas merupakan wilayah penghidupan Batin Sembilan. Pasca era orde baru, wilayah ini semakin ramai dengan hadirnya perkebunan sawit dan hutan tanaman industri serta transmigrasi. Kenyataan ini menyebabkan Batin Sembilan semakin tersedak dan bertahan hidup dengan semakin masuk ke dalam hutan. Sebagian lain mencoba berbaur dan berasimilasi untuk bertahan hidup.


WARSI hadir bersama Batin Sembilan di wilayah ini untuk memperjuangkan penghidupan yang layak dan adanya jaminan untuk kesetaraan bagi anak-anak keturunan Batin Sembilan di masa depan dengan pendampingan dan fasilitasi sekolah formal dan layanan kesehatan.






Related Content:
 
TULIS KOMENTAR:
 
     
  Tanggal:  
  Nama:  
  Email:  
  Komentar:  
  =