NEWS RELEASE: ilegal loging

Year:

Sungai Buluah Menghadang Illegal Logging

Sumbar Libatkan Mahasiswa Untuk Percepatan Phbm

Mahasiswa berperan penting untuk perubahan. Mengingat peran ini, Universitas Muhamaddiyah Sumatera Barat mengirim 60 Mahasiswa ke 18 nagari di 8 kabupaten/kota mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM). KKN tematik PHBM ini, merupakan program baru dalam rangkaian target Sumatera Barat untuk mendorong percepatan pelibatan masyarakat dalam mengelola kawasan hutan seluas 500 ribu Ha sebagaimana tercantum di Strategi dan Rencana Aksi Provinsi REDD+ Sumatera Barat. Mahasiswa peserta KKN ini akan dilepas oleh Gubernur Sumatera Berat dari Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat, untuk melaksanakan tugasnya di nagari yang sudah dipilih selama 60 hari.

Continue Reading

20 Kasus Pembalakan Liar Di Jambi

Tercatat sejak awal tahun 2012, KKI Warsi menghimpun ada 20 kasus pembalakan liar yang terjadi di Provinsi Jambi. Jumlah ini cukup fantastis, mengingat luasan hutan jambi yang tinggal 1,1 juta hektar setelah mengalami penyusutan satu juta hektar selama kurun waktu lima tahun.

Continue Reading

Menhut, Berantas Illegal Logging Hingga Tuntas

../news/2006/News_200603_Menhut1.jpg

Menteri Kehutanan MS Ka?ban menegaskan sejak Inpres No 4 tahun 2005 tentang Penanggulangan dan Pemberantasan illegal logging dikeluarkan, 80 persen keberhasilan pemberantasan illegal logging telah tercapai pada penyitaan barang bukti. Sedangkan 20 persen lainnya soal pelaku dan cukong yang berada di balik aksi perambahan hutan di berbagai Provinsi Indonesia.

Continue Reading

Pembalakan Liar Marak Di Tnbt

../news/2005/News_200507_Pembalakan.jpg

Kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) yang berada di dua wilayah Provinsi Riau dan Jambi kini marak pembalakan liar. Akibatnya, selain merusak tatanan sebagai kawasan taman nasional juga merusak habitat satwa liar dan sumber penghidupan suku tradisional (Orang Rimba) dan suku pedalaman di Riau (Talang Mamak).

Continue Reading

Jangan Kambinghitamkan Masyarakat Berkaitan Dengan Illegal Logging Di Batanghari

../news/2004/News_200408_Workshop1.jpg

Adanya tumpang tindih kebijakan, lemahnya sitem dan inkosistensi penegakan hukum, penetapan kebijakan yang sentralistik serta adanya mentalitas dan budaya masyarakat secara luas yang mengedepankan kepentingan ekonomi adalah masalah selama ini sering dihadapi dalam pengelolaan hutan dataran rendah di Kabupaten Batanghari, Jambi.

Continue Reading