NEWS RELEASE: konflik or

Year:

Orang Rimba Diintimidasi dan Diusir oleh Wana Perintis

../news/2016/News_201610_Orang_Rimba_Diintimidasi_dan_Diusir_oleh_Wana_Perintis1.jpg

Lagi-lagi Orang Rimba mengalami nasib yang menyedihkan, diintimidasi dan diusir dari lokasi yang selama ini menjadi wilayah mereka, tepatnya dalam kawasan kebun karet PT Wana Perintis yang berada di wilayah Terap yang berada di Kecamatan Bathin XXIV Kabupaten Batanghari.

Continue Reading

Ketika Sudung dan Kain Orang Rimba Hangus Terbakar

Takut di kutukan dewa dan diserang penyakit
../news/2016/News_201606_Ketika_Sudung_dan_Kain_Orang_Rimba_Hangus_Terbakar1.jpg

“Hopi ado koin lagi (tidak ada kain lagi),”kata Induk nengkaram menjelaskan. Menurutnya sangat tidak layak kalau bayi di gendong dengan kain warna gelap. Harusnya dengan yang berwarna terang. Namun apa daya, ketika pemukiman Orang Rimba di bakar oleh karyawan PT PT Bahana Karya Semesta (BKS) anak perusahaan Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART) Tbk beberapa waktu lalu turut menghabiskan semua harta benda Orang Rimba.

Continue Reading

Bentrok Orang Rimba dan Karyawan PT. BKS

../news/2016/News_201606_Bentrok_Orang_Rimba_dan_Karyawan_PT_BKS1.jpg

Orang Rimba lagi-lagi menjadi korban kekerasan konflik perebutan sumber daya. Tepat di hari peringatan lahirnya Pancasila 1 juni 2016, sekelompok Orang Rimba yang membuat sudung (rumah beratap terpal tanda dinding berlantai kayu-kayu kecil yang di susun rapat) di Divisi IV areal perkebunan PT Bahana Karya Semestra (BKS) mendapat teguran dari aparat satuan pengamanan (satpam) perusahaan. Orang rimba yang bermukim di lokasi itu diminta untuk meninggalkan lokasi .

Continue Reading

Kealfaan Negara Pada Orang Rimba

Pemicu Konflik Yang Tak Berkesudahan
../news/2014/News_201409_Kealfaan_Negara_Pada_Orang_Rimba1.jpg

W ARSI mempertanyakan peran negara terhadap konflik-konflik yang melibatkan Orang Rimba yang belakangan sering terjadi. Di permukaan konflik yang terjadi sudah langsung diredam dengan adanya perjanjian damai. Hanya saja kesepakatan damai ini, belum akan mampu mengatasi persoalan konflik yang diamali oleh orang rimba di masa yang akan datang.

Continue Reading

Joni Alami Gegar Otak, Gilan Tewas

Kki Warsi Minta Aparat Tindak Pelaku Pengeroyokan Orang Rimba

Joni mengalami gegar otak, berdasarkan hasil rontgen yang dilakukan di Rumah Sakit Abunjani Bangko. Joni yang merupakan Orang Rimba SP A Pemenang Kecamatan Pemenang Kabupaten Merangin, korban amuk massa warga Desa Bunga Antoi Pemenang. Tindak kekerasan yang dialami Joni, berawal ketika dia dan rekannya Gilan Orang Rimba SP C Pelakar Jaya, Pemenang hendak menuju rumah kerabat Gilan di sekitar perkebunan JAW Sarolangun. ?Malam itu (kamis 13/1) sekitar jam 11 malam, Joni dan Gilan mengendarai sepeda motor melintasi jalan poros satu-satunya yang menghubungkan Pelakar Jaya ke Jalan Lintas Sumatera guna menuju ke Sarolangun.

Continue Reading