NEWS RELEASE: konservasi

Year:

Enam Desa Sepakat Lindungi Sungai

../news/2009/News_200911_PerdesGuruhBaru1.jpg

Upaya pelestarian dan pemanfaatan sungai di kecamatan Mandiangin, akhirnya dapat terlaksana dengan baik. Ini dibuktikan, dengan terbentuknya kesepakatan bersama antara enam desa di kecamatan Mandiangin dalam menggiring gerakan penyelamatan sungai. Keenam desa yang merupakan desa eks transmigrasi, Desa Petiduran Baru, Desa Butang Baru, Desa HTI Sungai Butang, Desa Jati Baru, Desa Meranti Baru, dan Desa Guruh baru.

Continue Reading

Tumbuhkan Kesadaran Ramah Lingkungan

../news/2008/News_200806_HariLingkunganHidup1.jpg

Masalah lingkungan kini telah mengancam kelangsungan hidup manusia. Penggunaan bahan bakar fosil dan pengrusakan hutan yang berlangsung secara besar-besaran telah memicu terjadinya pemanasan global. Suatu kondisi dimana terjadi peningkatan suhu bumi, akibat efek gas rumah kaca. Sebagai bagian penghuni bumi, kita sudah harus mulai melakukan mitigasi dan adaptasi menghadapi perubahan iklim, dimulai dari diri sendiri dan hal yang kecil. Caranya tumbuhkan kesadaran untuk mulai peduli dan berperilaku ramah dengan lingkungan.

Continue Reading

Sadar Lingkungan Dari Kreativitas

Upaya menanamkan prilaku dan gaya hidup yang ramah terhadap lingkungan menjadi pilihan yang harus dilakukan untuk migitasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Dengan momen Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia yang jatuh pada 5 Juni 2008, KKI WARSI menggelar sejumlah kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran melestarikan lingkungan sejak dini.

Continue Reading

Urbanisasi Picu Kerusakan Bumi

Persoalan kerusakan bumi bukan hanya tentang kerusakan lingkungan saja, melainkan merupakan permasalahan yang kompleks. Rusaknya bumi juga terkait pada pertumbuhan penduduk, urbanisasi, transmigrasi, faktor ekonomi, dan lainnya. Dan pertumbuhan penduduk merupakan poin terpenting yang harus mendapat perhatian dalam menanggapi kondisi bumi ini, khususnya bagi Jambi.

Continue Reading

Mendorong Masyarakat Menjadi Aktor Utama Konservasi

Suksesnya pertanian di desa-desa penyangga Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) bagian selatan yang terdiri dari 6 desa interaksi (Desa Baru, Semurung, Jernih, Lubuk Jering, Pematangkabau, dan Bukit Suban), berarti sukses pula upaya konservasi terhadp TNBD. Bisa diistilahkan kalau suksesnya konservasi tak terlepas dari peran desa-desa penyangga TNBD, atau dengan kata lain masyarakat adalah aktor utamanya.

Continue Reading