NEWS RELEASE: rajo

Year:

Mengenang Gus Dur,

Kado Terindah Bagi Orang Rimba
../news/2009/News_200912_MengenangGusDur.jpg

Sosok Gus Dur yang lahir di Jombang, Jawa Timur 7 September 1940 begitu hangat dan suka guyon. Beliau adalah tokoh negara yang begitu dikagumi dengan ideologi-ideologi yang unik dan kokoh dalam pendiriannya. Salah satu langkah baik yang diambilnya, adalah ditetapkannya Bukit Duabelas sebagai Taman Nasional (TNBD) dalam era reformasi yang pada waktu itu, Presiden RI dijabat Abdurrahman Wahid langsung mengukuhkannya sebagai wilayah kelola Orang Rimba, dengan memperkuat SK Menhut No.258/KPTS-II/2000, dua bulan kemudian (Oktober 2000).

Continue Reading

Ketika Orang Rimba Ikut Pemilihan Presiden

Kami Berharap Hutan Kami Tidak Habis, Adat Istiadat Kami Tetap Jalan
../news/2009/News_200907_Pemilihan_presiden1.jpg

Untuk menuju ke TPS 06 SAD di Sungai Lingkar Kacamatan Maro Sebo Ulu, Kabupaten Batanghari Jambi, bukanlah hal mudah bagi Orang Rimba di Taman Nasional Bukit Dua Belas Jambi. TPS yang secara khusus diperuntukkan bagi Orang Rimba ini bisa diakses dengan berjalan kaki selama 1 hari dari pemukiman Orang Rimba. Namun upaya penyelenggara pemilihan presiden di lokasi ini patut dihargai, dengan tersedianya TPS khusus yang buat di dalam perkebunan karet km 3 di eks PT Intan Peta Dharma.

Continue Reading

SAD, Rajo Tolong Selamatkan Rimbo Kami!

../news/2004/News_200409_Camat1.jpg

Tidak ada acara protokoler, tidak ada tarub atau pun panggung ketika rombongan Camat Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Abid Amin, yang difasilitasi Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, mengunjungi ?Warga Istimewanya,? yaitu Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba (demikian Orang Rimba lebih suka menyebut jatidirinya) di kedalaman selatan kawasan hutan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD), Sabtu (18/9).

Continue Reading

Dua Menteri, Gubernur, Dan Bupati Sumbar-jambi,

Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Pengelolaan DAS Batanghari Dua menteri RI, yaitu Menteri Negara Lingkungan Hidup RI, Nabiel Makarim, dan Menteri Kehutanan RI, M Prakosa, yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Departemen Kehutanan RI, Wahjudi Wardojo, Selasa (11/3), menandatangi Nota Kesepahaman Bersama Para Pihak Tentang Pengelolaan SDA pada DAS Batanghari yang mengaliri dua provinsi (Sumbar-Jambi) tersebut.

Continue Reading

Megawati Sentil Sumatera Belum Perhatikan Lingkungan

Persoalan yang sangat mendesak untuk menjadi pikiran pemerintah daerah dan masyarakat seluruh Indonesia, adalah penanganan kerusakan lingkungan.

Continue Reading