NEWS RELEASE: sawah

Year:

Ludes Dimakan Hama

Lima Puluh Hektar Sawah Padangkelapo
../news/2003/News_200306_Hama1.jpg

Kembali untuk keempat kalinya petani di Desa Padangkelapo, Kecamatan Maroseboulu, Kabupaten Batanghari (Jambi), harus ?menelan? kekecewaan karena gagal panen. Sawah mereka seluas 50 hektar telah diserang hama ulat penggerek batang hingga ludes. Umur padi saat diserang hama 25 hari.

Continue Reading

Petani Sarolangun Tuntut Tali Air

Sejak dicanangkannya Gerakan Kembali ke Sawah (GKS) oleh gubernur Jambi beberapa bulan yang lalu, petani Desa Jernih dan Semurung di Kabupaten Sarolangun, telah dua kali merasakan hasil panen yang memuaskan. Bantuaan dari pemerintah sebanyak 780 kilogram benih, 100 cangkul, dan 100 parang pun sangat memberi dampak yang lebih jauh, yaitu mendorong penduduk lainnya di kedua desa itu (yang semulanya enggan, tak yakin GKS akan sukses) ngotot ingin bersawah juga.

Continue Reading

Berhasil, Panen Pertama Petani Sawah Di Desa Selatan Tnbd

../news/2002/News_200207_GKS1.jpg

Sebagian besar petani padi sawah di Desa Jernih dan Semurung (Selatan TNBD) sudah melakukan panen pertama pada minggu kedua Juli hingga akhir Agustus mendatang. Dari 200 Kg bibit yang disemai menghasilkan 15.500 Kg gabah kering.

Continue Reading

Makin Besar, Minat Masyarakat Desa Menggarap Sawah

Gerakan kembali ke sawah yang digalakkan WARSI bersama perangkat desa membuahkan hasil, semakin tingginya minat masyarakat menggarap lahan persawahan. Upaya untuk meminimalisasi pembuakaan perladangan baru di TNBD.

Continue Reading

GKS, Alternatif Mengendalikan Laju Penebangan Liar

../news/2002/News_200204_GKS.jpg

Upaya menggerakkan masyarakat desa agar bersedia kembali menggarap persawahan menjadi isu yang penting untuk dikemukakan guna menyelamatkan TNBD (Taman Nasional Bukit Duabelas) dari ancaman pembukaan ladang baru oleh masyarakat desa. Masalahnya karena di sebelah selatan Bukit 12, khususnya di desa Jernih dan Semurung, gerakan masyarakat membuka ladang-ladang baru semakin tinggi intensitasnya.

Continue Reading