NEWS RELEASE:

SK Hak Kelola Tanah Rakyat,

Awal Yang Berat

Pengakuan hak kelola rakyat terhadap tanah adat sampai hari ini masih terus menjadi perjuangan untuk melahirkan piagam kesepakatan alias pengukuhan secara konstitusional. Namun begitu hukum formal tersebut keluar, bukan berarti segalanya menjadi mudah dan lancar bagi masyarakat. Melainkan sebagai awal yang berat untuk menyakinkan keberhasilan pengelolaan tersebut ke semua pihak.



Saat ini hutan adat Batu Kerbau, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, telah meraih sukses mendapatkan surat keputusan (SK) Bupati bernomor 1249 tahun 2002 Juli lalu tentang Pengukuhan Hutan Adat Batu Kerbau. Perincian pengakuan tersebut yaitu terhadap hutan lindung Batu Kerbau seluas 776 hektar, hutan lindung Belukar Panjang 361 hektar, hutan adat Batu Kerbau 386 hektar, dan hutan adat Belukar Panjang 472 hektar, serta hutan adat Lubuk Tebat 360 hektar. Dipahami kawasan kelola rakyat ini sebagai pencapaian maksimal bagi masyarakat Batu Kerbau. Tetapi persoalan lain telah menunggu seperti, munculnya ?makelar? perkebunan besar swasta yang mengintimidasi masyarakat, bujukan pihak yang menawarkan HTI, dan para peneliti yang sekedar meneliti.

Menurut Deputi Direktur Warsi (Warung Informasi Konservasi) lembaga yang mempunyai program pengelolaan hutan berbasiskan masyarakat atau CBFM (Community Based Forest Management System), Ir. Rakhmat Hidayat, pelajaran yang bisa didapat dari upaya pengakuan itu adalah bagaimana membangun kekuatan di tingkat rakyat menjadi prasyarat utama dalam perjuangan panjang demi sebuah pengakuan tersebut. Sehingga kalaupun ada ?intimdasi? atau bujuk rayu dari pihak luar hanya akan menjadi pisau tumpul yang tak akan mampu memecah komitmen bersama. Bagi Batu Kerbau sendiri butuh empat tahun untuk dapat pengakuan itu dengan mengandeng komitmen dari Bappeda setempat, Dinas Kehutanan, BPN, Sekda, dan juga bupati setempat.

Hutan adat sendiri bisa didefinisikan sebagai kawasan hutan yang dimanfaatkan masyarakat secara terbatas dan harus...read more...






Related News:
 
WRITE TOUR COMMENTS:
 
     
  Date:  
  Name:  
  Email:  
  Comments:  
  =