NEWS RELEASE:

Catatan Akhir Tahun Kki Warsi

Jambi Satu Kesatuan Ekosistem Yang Terkoyak Multi Kepentingan
../news/2010/News_201012_CatatanAkhirTahun.jpg

Provinsi Jambi merupakan satu kesatuan ekosistem besar dengan sungai utama Sungai Batanghari. Ekosistem besar ini terbagi ke dalam tiga wilayah, yaitu hulu, tengah dan hilir. Idealnya pengelolaan kawasan memperhatikan keseimbangan antar wilayah, sehingga menjamin pengelolaan yang berkelanjutan. Namun yang terjadi selama ini adalah terlalu mengeksploitasi sumber daya alam, khususnya hutan, sehingga tidak lagi terjadi keseimbangan.

Berdasarkan catatan Warsi, Jambi telah dibagi ke dalam berbagai peruntukan, yaitu 1,2 juta ha kawasan yang dibebani hak guna usaha (HGU) perkebunan sawit, 715.809 ha HTI dan 72.095 ha HPH, 559.346 ha transmigrasi. Luasnya pemanfaatan sumber daya ini, belakangan telah menimbulkan berbagai dampak yang menyebabkan timbulnya konflik, maupun dampak yang menyebabkan terjadinya berbagai bencana yang menyambangi wilayah Jambi. Berdasarkan catatan Warsi sepanjang 2010, terjadi 25 kasus yang terkait pengelolaan sumber daya alam, dengan berbagai bentuk, yaitu penyerobotan lahan 11 kasus, jual beli lahan tidak sesuai 1 kasus, ketidakjelasan pengembalian sertifikat lahan masyarakat 1 kasus , pencemaran 1 kasus, tapal batas tidak jelas 1 kasus, warga yang mempertanyakan kejelasan dana community development 1 kasus, ganti rugi lahan yang tidak sesuai 1 kasus, dan konflik satwa dan manusia terutama konflik harimau dan gajah sebanyak 7 kasus. Dari konflik ini, telah menyebabkan 3 orang tewas, 3 orang luka-luka, 1 orang ditahan polisi.

Selain konflik langsung, dampak pengelolaan sumber daya ini, juga telah menyebabkan timbulnya korban jiwa, harta dan kerugian materi akibat bencana alam yang terjadi, yaitu banjir dan longsor. Kejadian ini antara lain menyebabkan korban jiwa satu orang tewas akibat banjir, ribuan rumah terendam, ribuan ha sawah terendam, puluhan kilometer jalan terendam.

?Kasus-kasus di atas membuktikan telah terjadi ketidakseimbangan pengelolaan sumber daya alam yang mengancam kelangsungan hidup masyarakat J...read more...





 
WRITE TOUR COMMENTS:
 
     
  Date:  
  Name:  
  Email:  
  Comments:  
  =