NEWS RELEASE:

Potret Pengelolaan SDA Jambi 2011

Konflik Sosial Dan Lahan Masih Mendominasi

Pengelolaan sumber daya alam di Provinsi Jambi sepanjang 2011 masih memperlihatkan trend penurunan kualitas lingkungan. Pertambangan batubara yang semakin menjadi, terbitnya sejumlah izin baru untuk HTI, konflik lahan yang tak kunjung usai, merupakan lembar buruk pengelolaan su,ber daya alam Jambi. Selain itu keharmonisan hidup masyarakat adat juga terusik ditandai dengan kasus kekerasan yang yang menimpa Orang Rimba dan harus kehilangan nyawa.

Pantauan Warsi sepanjang 2011 terjadi dua kasus kekerasan yang menyebabkan tiga Orang Rimba tewas. “Ini menandakan perlindungan terhadap masyarakat adat masih belum dilakukan sepenuhnya oleh negara,”kata Direktur KKI Warsi Rakhmad Hidayat.

Disebutkannya pada dasarnya yang terjadi adalah ketiadaannya unsur saling menghargai antar kelompok masyarakat yang dipicu oleh kesenjangan pembangunan yang dilakukan negara. “Kita bisa melihat bahwa kasus yang terjadi adalah bentuk tidak adanya pembangunan yang dilakukan menyentuh kehidupan komunitas adat, yang terjadi malah mereka terpinggirkan akibat pembangunan yang dilakukan pemerintah,”sebut Rakhmat.

Disebutkannya bisa dilihat sejak dibangunnya jalan lintas tengah sumatera yang membelah hutan dataran rendah sumatera, diiringi dengan pembukaan HTI, Perkebunan sawit trasmigrasi dan sekarang tambang. Semua ini merupakan wilayah penghidupan Orang Rimba. Hanya saja karena dari awal mereka tak dilibatkan dan tidak diperhitungkan, menyebabkan Orang Rimba kehilangan sumber kehidupan dan penghidupan mereka. “Ketika Orang Rimba tidak punya tempat untuk hidup mereka dianggap sebagai pengganggu dan terbelakang oleh kelompok masyarakat lain, sehingga ada kecendrungan di kelompok masyarakat lainnya untuk berlaku kasar pada Orang Rimba yang berujung pada kekerasan dan penghilangan nyawa meraka,”sebut Rakhmat.

Untuk itu lanjut Rakhmat pemerintah sudah harus mulai memikirkan dan membuat skema untuk memberikan ruang hidup bagi komunitas adat. “Misalnya dengan ...read more...





 
WRITE TOUR COMMENTS:
 
     
  Date:  
  Name:  
  Email:  
  Comments:  
  =