NEWS RELEASE:

Sidia Dan Benor Fm Radionya Orang Rimba

../news/2015/News_201501_Sidia_dan_Benor_FM_radionya_Orang_Rimba.jpg

“Selamat pagi kanti-kanti pendengar Benor 88,8 FM. Saya Sedia akan menemani kanti-kanti dengan lagu-lagu yang bisa kanti pilih sendiri, sms ke 0811745700 atau bisa juga telepon langsung,”demikian Sidia mengawali siarannya di Radio Komunitas Orang Rimba yang berada di pinggir Taman Nasional Bukit Duabelas tepatnya di ujung Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam Sarolangun Jambi.

Sidia anak pertama dari keluarga Prabung, yaitu keluarga Orang rimba di dalam Hutan Bukit Duabelas. Keluarga ini tinggal bersama anggota kelompok lainnya di sekitar wilayah Pisang Kerayak anak sungai Makekal, di tengah-tengah Taman Nasional Bukit Duabelas yang di perutukkan bagi penghidupan Orang Rimba. Jarak dengan desa terdekat hanya dapat ditempuh dengan jalan kaki ke arah Selatan sejauh 5 jam perjalanan. Secara kekerabatan keluarga Prabung merupakan anggota Kelompok Orang Rimba Kedudung Muda, di bawah kepemimpinan Tumenggung Grip.

WARSI terlibat aktif mengembangkan pendidikan alternatif untuk anak-anak rimba dengan mendatangkan fasilitator pendidikan ke tengah-tengah kelompok Orang Rimba. Termasuk kelompok Kedudung. Sejak delapan tahun lalu, untuk lebih menfokuskan kegiatan pendidikan, didirikan pondok sederhana yang difungsikan sebagai tempat anak-anak untuk sekolah baca tulis dan hitung. Sedia bersama teman-teman sebayanya mulai aktif ikut pendidikan alternatif bersama Feri Fasilitator Pendidikan Warsi waktu itu. Selama satu tahun Sedia ikut aktif mengikuti pendidikan dari yang memang lebih fokus untuk memberikan kemampuan anak rimba untuk belajar baca hitung dan tulis. Karena semangat belajar yang tinggi Sedia bersama teman-temannya akhirnya melanjutkan pendidikan di SD 191 Pematang Kabau II sebagai peserta didik kelas jauh. Pendidikan kelas jauh ini difasilitasi WARSI bekerja sama dengan SD 191 Pematang Kabau, Sarolangun. Selama mengikuti pendidikan Sidia termasuk anak yang menonjol terutama dalam berhitung. Dengan mengikuti kelas jauh ini, Sedia mendapatkan ijaz...read more...





 
WRITE TOUR COMMENTS:
 
     
  Date:  
  Name:  
  Email:  
  Comments:  
  =