NEWS RELEASE:

42 Nagari Bersiap Usulkan Hak Pengelolaan Hutan

Sebagai Bentuk Mitigasi Bencana Ekologi
../news/2016/News_201602_42_Nagari_bersiap_usulkan_Hak_Pengelolaan_Hutan1.jpg

Masyarakat Sumatera Barat terus berpacu untuk mewujudkan pengelolaan hutan yang lestari dan berkelanjutan. Saat ini, di 10 kabupaten dengan 42 nagari seluas 144.732 ha tengah bersiap untuk mengajukan hak pengelolaan hutan berbasis masyarakat kepada menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan skema Hutan Nagari dan Hutan kemasyarakatan.

“Rencananya pada April mendatang, usulan pengelolaan hutan berbasis masyarakat ini sudah disampaikan ke menteri,”sebut Rhainal Daus Manager Program Komunitas Konservasi Indonesia WARSI, Organisasi Non Pemerintah yang selama ini aktif mendorong dan menginisiasi pengelolaan hutan berbasis masyarakat di Sumatera dan Kalimantan.

Disebutkannya, melalui pendampingan yang intensif dan juga dukungan dari pemerintah serta para pihak, usulan hutan nagari dan hutan kemasyarakatan ini, jika dapat terealisasi akan menjadi salah satu jawaban atas persoalan pengelolaan sumber daya hutan yang tengah berlangsung di Sumatera Barat.

“Bencana banjir dan longsor yang melanda sebagian Sumatera Barat belakangan ini menjadi peringatan bagi kita semua untuk mengevaluasi pengelolaan sumber daya alam yang sudah berjalan selama ini. Pengelolaan sumber daya alam yang berbasiskan eksploitasi sumber daya alam khususnya hutan sudah harus dihentikan, saatnya kita mengintensifkan dan mengembangkan pengelolaan hutan yang memperhatikan keberlanjutan dan kelestariannya yaitu pengelolaan hutan berbasis masyarakat, ”sebut Rhainal.

Rhainal menyebutkan, pengelolaan sumber daya hutan yang melibatkan masyarakat sudah terbukti ampuh mengatasi persoalan ekologi dan ekonomi di tengah masyarakat. “Masyarakat dengan kearifan yang dimiliki sangat mampu mengelola sumber daya alam mereka dengan baik, ini yang menjadi kunci penting untuk pengelolaan sumber daya hutan Sumatera Barat ke depan,”sebutnya.

Disebutkannya, sejak beberapa tahun belakangan Sumatera Barat di tataran konsep sudah cukup matang untuk merencanakan pengelola...read more...


../news/2016/News_201602_42_Nagari_bersiap_usulkan_Hak_Pengelolaan_Hutan2.jpg




Related News:
 
WRITE TOUR COMMENTS:
 
     
  Date:  
  Name:  
  Email:  
  Comments:  
  =