NEWS RELEASE:

Simancuang Juara 1 Lomba Wana Lestari 2016 dari Kementrian LHK

../news/2016/News_201608_Simancuang_Juara_1_Lomba_Wana_Lestari_2016_dari_Kementrian_LHK1.jpg

Setelah melalui proses yang cukup panjang berawal dari pengajuan dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat dan diverifikasi oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, masyarakat SImancuang mengutus Edison (46) ketua Kelompok pengelola Hutan Nagari Simancuang untuk menerima penghargaan dari Menteri LHK. Edison bersama 15 penerima penghargaan serupa diundang untuk menghadiri sejumlah kegiatan acara puncak peringatan Kemerdekaan RI, yaitu Sidang paripurna Istimewa DPR/MPR memperingati Hari Kemerdekaan ke 71, menghadiri upacara bendera peringatan detik-detik kemerdekaan di istana negara serta ramah taman dengan presiden Jokowi di Istana Batu Tulis Bogor.

“Alhamdulillah, bangga dan bahagia sekali bisa mengikuti acara ini, tidak pernah terbayang sebelumnya akan hadir di acara-acara besar ini,”kata Edison ketua LPHN Simancuang Nagari Alam Pauh Duo Kecamatan Pauh Duo Solok Selatan Sumatera Barat.

Lomba Wana Lestari adalah salah satu metode penyuluhan yang dilaksanakan untuk menetapkan perorangan, kelompok atau aparatur pemerintah yang berprestasi dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat dalam pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan melalui mekanisme penilaian tertentu. Edison dengan LPHN Simancuang merupakan kelompok masyarakat yang selama ini sudah mengelola kawasan hutan di sekitar desa mereka dengan skema Hutan Nagari.

Pengelolaan hutan yang dilakukan masyarakat Simancuang, tidak lepas dari pembelajaran dari alam yang pernah singgah ke nagari yang berada di lingkuang bukik ini. Posisi Simancuang boleh disebut bak kuali besar dengan perbukitan sebagai dindingnya. Banjir bandang yang p0ernah menerjang desa ini, akibat adanya pembukaan hutan illegal menjadi titik balik masyarakat untuk lebih teliti dan waspada dalam mengelola sumber hutan mereka.

Masyarakat dari Nagari Alam Pauh Doo datang ke lokasi ini untuk membuka areal persawahan pada tahun 1974. Awalnya hanya beberapa keluarga saja yang mengelola ...read more...


../news/2016/News_201608_Simancuang_Juara_1_Lomba_Wana_Lestari_2016_dari_Kementrian_LHK2.jpg ../news/2016/News_201608_Simancuang_Juara_1_Lomba_Wana_Lestari_2016_dari_Kementrian_LHK3.jpg




Related News:
 
WRITE TOUR COMMENTS:
 
     
  Date:  
  Name:  
  Email:  
  Comments:  
  =