NEWS RELEASE:

Orang Rimba Diintimidasi dan Diusir oleh Wana Perintis

../news/2016/News_201610_Orang_Rimba_Diintimidasi_dan_Diusir_oleh_Wana_Perintis1.jpg

Lagi-lagi Orang Rimba mengalami nasib yang menyedihkan, diintimidasi dan diusir dari lokasi yang selama ini menjadi wilayah mereka, tepatnya dalam kawasan kebun karet PT Wana Perintis yang berada di wilayah Terap yang berada di Kecamatan Bathin XXIV Kabupaten Batanghari. Kawasan ini di huni oleh 169 KK orang Rimba. Menurut Tumenggung Ngamal, kawasan itu dahulunya merupakan hutan Orang Rimba yang merupakan tanah peranoon (tanah tempat melahirkan), tanah pusaron (tanah kuburan) dan tempat bebalai (pernikahan) Orang Rimba dan yang paling penting hutan ini merupakan kawasan yang sumber kehidupan Orang Rimba yang menyediakan hewan buruan serta berbagai tumbuhan buah dan juga hasil hutan lainnya. Namun tiba-tiba saja pada tahun 2010, kawasan hutan berada di bawah penguasaan empat Tumenggung yaitu Tumenggung Nyenong, Ngamal, Menyurau dan Ngirang, beralih fungi menjadi kebun karet.

“Kinia kami hopi bisa keluar, jalan lah di tutup sama orang pete, ada adu jonder yang menghalang jalan. Kami bisa sampai di Jambi setelah keluar masuk kebun karena menghindari jalan yang biasa kami lewati,”sebut Menti Ngelembo salah satu penghulu adat Orang Rimba yang datang ke Jambi untuk mencari bantuan bersama dengan Tumenggung Menyurau, Ngamal dan Anak Dalam Bepalang serta sejumlah Orang Rimba lainnya.

Kehadirannya mereka ke Jambi untuk mengadukan persoalan yang mereka hadapi ke Rajo Godong (Gubernur Jambi), karena tekanan yang mereka alami sudah sangat berat. “Kami hopi bisa nak bawa hasil hutan kami keluar, kami hopi basa bawa anak bini kami yang sakit berobat ke Puskesmas,”sebut Ngamal.

Menurutnya, keadaan semakin memburuk sejak Sabtu pekan lalu, ketika mereka sudah diusir untuk meninggalkan lokasi kebun yang sejak tahun lalu sudah mereka kelola. Rumah-rumah Orang Rimba yang di dalam kebun karet ini sudah di rubuhkan pihak perusahaan. “Orang tu pasang Ling ke pondok kami, sudah tu nye tariklah pakai jonder langsung rubuh rumah kami,”sebut Ngamal. Bahkan Lanjut...read more...


../news/2016/News_201610_Orang_Rimba_Diintimidasi_dan_Diusir_oleh_Wana_Perintis2.jpg ../news/2016/News_201610_Orang_Rimba_Diintimidasi_dan_Diusir_oleh_Wana_Perintis3.jpg




Related News:
 
WRITE TOUR COMMENTS:
 
     
  Date:  
  Name:  
  Email:  
  Comments:  
  =