NEWS RELEASE:

Mendorong Tanjabtim Menjadi Kabupaten Ramah Gambut

../news/2018/News_201805_Mendorong_Tanjabtim_Menjadi_Kabupaten_Ramah_Gambut1.jpg

Komunitas Konservasi Indonesia WARSI terus mendorong untuk terlaksananya pengelolaan gambut berkelanjutan. Tanjung Jabung Timur sebagai kabupaten dengan luas lahan gambut mencapai sekitar 65 % atau  3.120 km2  dari luasnya merupakan gambut, menjadi fokus WARSI dalam berkegiatan di gambut, dengan mendorongnya menjadi kabupaten ramah gambut.

WARSI telah berkegiatan di wilayah ini, dengan melakukan rehabilitasi lahan gambut di antaranya dengan melakukan penanaman kembali lahan gambut dengan tanaman gambut. Selain itu juga ada upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat gambut dengan mengembangkan pertanian ramah gambut, yaitu menanam tanaman yang bisa beradaptasi dengan lahan gambut seperti kopi liberika, lada, pinang, nanas dan tanaman lainnya yang tidak memerlukan adanya penurunan muka air gambut. Kegiatan lain yang dilakukan adalah menjaminkan air muka gambut tetap dalam kondisi basah. Untuk pembahasan ini WARSI mendukung masyarakat Desa Sungai Beras untuk membangun sekat kenal yang berada di Hutan Lindung Sungai Buluh yang sebagian kawasan hutan ini berstatus Hutan Desa Sungai Beras. Juga dilakukan kegiatan untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat pada lahan gambut dengan mendukung kelompok masyarakat peduli. Kegiatan yang dilakukan WARSI di lahan gambut ini sejalan dengan upaya untuk memulihkan gambut.

Pasca kebakaran hebat di kawasan gambut pada 2015 lalu, para pihak yang berkegiatan di lahan gambut sebagian besar sudah memiliki komitmen untuk mencegah terulangnya kembali kejadian yang menyengsarakan tersebut. Pemerintah Tanjung Jabung Timur sudah membuat perencanaan untuk pengelolaan gambut.  Diantaranya akan memasukkan pengelolaan gambut berkelanjutan dalam RPJMD kabupaten dengan kegiatan revitalisasi ekonomi masyarakat dengan dukungan Badan Restorasi Gambut, khususnya di desa Jati Mulyo pada areal seluas 230 Ha yang akan dikelola menjadi areal budi daya kopi liberika.

Kegiatan ini masih terkendali karena peta. Dalam peta...read more...


../news/2018/News_201805_Mendorong_Tanjabtim_Menjadi_Kabupaten_Ramah_Gambut2.jpg ../news/2018/News_201805_Mendorong_Tanjabtim_Menjadi_Kabupaten_Ramah_Gambut3.jpg




Related News:
 
WRITE TOUR COMMENTS:
 
     
  Date:  
  Name:  
  Email:  
  Comments:  
  =